Ilustrasi pegawai BPJS Kesehatan. Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Ilustrasi pegawai BPJS Kesehatan. Foto: dok MI/Pius Erlangga.

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Buka Lowongan Calon Direksi, Berminat?

Ekonomi BPJS Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan
Ade Hapsari Lestarini • 28 September 2020 08:20
Jakarta: Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) membuka seleksi calon anggota dewan pengawas dan calon anggota dewan direksi BPJS Kesehatan.
 
Mengutip laman DJSN, Senin, 28 September 2020, pembukaan ini sehubungan akan berakhirnya masa jabatan Anggota Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan masa jabatan 2016-2021 pada 18 Februari 2021.
 
"Sehingga pemerintah memandang perlu melakukan seleksi calon Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi BPJS Kesehatan Masa Jabatan 2021-2026," tulis pengumuman tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya BPJS Kesehatan, pemerintah juga membuka pendaftaran untuk posisi Dewan Pengawas dan Dewan Direksi BPJS Ketenagakerjaan. Pembukaan pendaftaran ini dilakukan mulai awal Oktober 2020 untuk mengisi jabatan tersebut hingga 2026.
 
Mengutip Antara, Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Dewan Direksi BPJS Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang mengatakan lowongan untuk Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan tersebut diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 97/P dan 98/P Tahun 2020 yang diterbitkan 21 September 2020.
 
Pendaftaran dewan pengawas dan dewan direksi BPJS melalui daring dibuka mulai 1-5 Oktober 2020. Proses seleksi administrasi dilakukan pada 6-14 Oktober, dan pengumuman lolos seleksi administrasi pada 15 Oktober.
 
Selanjutnya dilakukan seleksi kompetensi bidang jaminan sosial pada 19 Oktober, dan diumumkan hasilnya pada 2-3 November. Setelahnya akan ada tanggapan masyarakat dari hasil pengumuman tersebut pada 15 Oktober hingga 9 November 2020.
 
Para calon anggota yang sudah terseleksi bisa memberikan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat pada 10-12 November. Kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi dan profil asesmen, seleksi pemaparan visi misi dan wawancara serta tes kesehatan sepanjang November yang pengumuman hasilnya pada 3 Desember.
 
Kemudian panitia seleksi akan mengajukan nama-nama calon dewan pengawas dan dewan direksi BPJS kepada Presiden berdasarkan urutan penilaian hasil tes untuk kemudian ditetapkan kepastiannya pada 4 Desember 2020. Dewan pengawas dan dewan direksi BPJS akan ditetapkan oleh Presiden dan mulai bekerja pada 19 Februari 2021.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif