Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Masyarakat Diajak Bantu Keluarga Prasejahtera Terdampak Covid-19

Ekonomi listrik Virus Korona
Angga Bratadharma • 03 Oktober 2020 15:01
Jakarta: Pandemi covid-19 telah memberikan hantaman terhadap perekonomian Indonesia yang dampaknya sangat terasa bagi masyarakat. Bahkan, pandemi sudah memadamkan banyak harapan dan membuat kalangan prasejahtera harus bergantung pada kebijakan pemerintah untuk keberlangsungan hidup.
 
Untuk merespons persoalan itu, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) telah memberikan listrik gratis kepada pelanggan 450 VA dan subsidi bagi sebagian pelanggan 900 VA. Namun sayangnya, masih ada jutaan masyarakat prasejahtera yang tinggal di perkotaan dan subsidi yang diberikan belum cukup dirasakan merata.
 
Berangkat dari hal itu, YCAB Foundation, yang didukung penuh oleh PLN, menginisiasi gerakan Light Up Indonesia. Gerakan sosial untuk mendonasikan biaya listrik bagi puluhan juta masyarakat prasejahtera. Harapannya bisa membantu dari sisi perekonomian terutama memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"LightUp Indonesia adalah gerakan untuk meringankan beban sesama dalam menghadapi dampak pandemi. Kami ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjadi terang di tengah kegelapan covid-19," kata Founder & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam, dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Menurut YCAB Foundation rata-rata keluarga prasejahtera menghabiskan Rp100 ribu untuk biaya listrik per bulan. Dalam setiap penghematan Rp100 ribu setiap keluarga dapat membeli hingga 10 liter beras yang artinya kebutuhan pangan keluarga selama seminggu.
 
Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menambahkan Tokopedia turut membantu inisiasi yang dilakukan YCAB Foundation dalam program LightUp Indonesia. Ia menjelaskan Top Donasi merupakan fitur yang memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk berdonasi ketika berbelanja di Tokopedia.
 
"Melalui kerja sama Top Donasi dengan YCAB ini kami berharap uluran tangan dari pengguna Tokopedia dapat membantu meringankan beban keluarga prasejahtera di masa pandemi. Kami juga berharap dukungan melalui LightUp Indonesia dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap listrik agar bisa terus menjalani aktivitas dari rumah," tuturnya.
 
Chairman Indika Foundation Arsjad Rasjid menambahkan pandemi covid-19 telah memicu tekanan di ekonomi yang dimulai dari krisis kesehatan. Bahkan, kondisi itu membuat terjadinya tekanan secara sosial yang artinya perlu ada langkah nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19.
 
"Pada konteks sosial ini adalah bagaimana kita mengatasi krisis sosial. Gerakan LightUp Indonesia telah membantu menerangi lebih dari 100 ribu rumah keluarga prasejahtera di Indonesia. Melalui program ini ada harapan bagi saudara-saudara kita yang terdampak covid-19. Tentu kami sangat mendukung gerakan sosial ini," pungkasnya.

 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif