Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok.MI
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok.MI

Ultah Perak IPO Telkom, Erick Tantang Direksi dan Komisaris Balikkan Kapitalisasi ke Rp450 Triliun

Ekonomi BUMN Telkom Erick Thohir
Annisa ayu artanti • 19 November 2020 17:55
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menantang jajaran direksi dan komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) untuk mengembalikan kapitalisasi perusahaan sama seperti saat kali pertama mencatatkan saham perdana (initial public offering) di pasar modal.
 
Adapun saat listing di bursa saham domestik dan bursa global yakni di New York Stock Exchange pada 14 November 1995, kapitalisasi perusahaan mencapai Rp450 triliun.
 
"Saya sudah challenge lagi komisaris dan direktur Telkom, Kalau dulu nilai kapitalisasi di Telkom Rp450 triliun, saya mau di kepengurusan komisaris dan direksi ini valuasi Telkom harus sama, kembali (ke Rp450 triliun)," kata Erick dalam acara 25th Telkom IPO Anniversary, Kamis, 19 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, TLKM sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar bisa memecahkan tantangan tersebut. Pasalnya, transformasi di lingkungan Kementerian BUMN termasuk Telkom masih sangat besar.
 
Erick juga berujar, pergerakan pasar saham sangat bergantung pada emiten pelat merah. Jika dibandingkan dengan saham emiten LQ45, saham top 20 perusahaan BUMN memiliki efek yang lebih besar terhadap pergerakan pasar.
 
"Market sendiri bullish, top 20 indeks BUMN dibandingkan LQ45, kalau tidak salah 10,77 persen enam bulan terakhir impact-nya. Indeks 20 perusahaan BUMN 19,37 persen. Artinya transformasi yang dilakukan jajaran BUMN sudah terlihat impact-nya di market," tutur Erick.
 
Erick juga menambahkan, di masa depan Kementerian dan perusahaan BUMN terus melakukan transformasi sesuai dengan peta jalan yang disepakati. Dengan transformasi yang akan dilakukan tersebut, Erick optimistis kapitalisasi Telkom akan kembali mencapai posisi Rp450 triliun.
 
"Saya yakin market cap di Telkom kembali naik marwahnya seperti waktu itu bisa listing harga valuasi Rp450 triliun bisa kita capai," pungkasnya.
 
Adapun per Juni 2020 kapitalisasi Telkom mencapai Rp300 triliun.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif