Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Kemendag Resmikan Patform Digital Dorong Ekspor UMKM ke UEA

Ekonomi ekspor Kementerian Perdagangan UMKM
Nia Deviyana • 18 November 2020 08:40
Dubai: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk UMKM Indonesia yang berorientasi ekspor, salah satunya ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).
 
Salah satu caranya, yaitu melalui inovasi yang dilakukan diaspora Indonesia di Dubai dengan meluncurkan platform lokapasarIndonesiaStore.ae. Peresmian platform disaksikan Duta Besar Luar Biasa Berkekuatan Penuh RI untuk UEA Husin Bagis dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan.
 
Sementara pembukaan platform dihadiri Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Heny Rusmiyati, CEO Indonesia in Your Hand Amiranto Adi Wibowo, CFO GCC Global FZC Indrawan Catur Putranto, serta para pelaku UMKM Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Platform IndonesiaStore.ae yang dimiliki diaspora Indonesia ini diharapkan bisa menjadi salah satu wadah akses bagi para UMKM Indonesia untuk memasarkan produknya di kawasan UEA," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan melalui keterangan tertulis, Rabu, 18 November 2020.
 
Kasan mengapresiasi GCC Global FZC dan Indonesia In Your Hand yang telah membuat platform indonesiastore.ae. Hal ini merupakan langkah awal meningkatkan ekspor produk Indonesia di pasar global, khususnya UEA.
 
"Diharapkan dengan jaringan gudang distribusi yang telah dimiliki GCC Global FZC, produk Indonesia bisa didistribusikan lebih luas lagi, bukan hanya ke UEA, tetapi juga ke negara lainnya di kawasan Timur Tengah. Pemerintah akan terus mendukung inisiatif ini dan mempromosikannya," tegas Kasan.
 
Senada dengan Kasan, Duta Besar Luar Biasa Berkekuatan Penuh RI untuk UEA Husin Bagis juga mengapresiasi terobosan pembukaan platform produk UMKM Indonesia di UEA. Husin berharap ekspor produk Indonesia dapat terus dioptimalisasi, terutama di masa pandemi.
 
"Ini adalah momentum yang tepat untuk membangun kembali perekonomian Indonesia melalui peningkatan ekspor. Untuk itu diperlukan terobosan baru yang dapat mengoptimalkan potensi ekspor di masa pandemi, salah satunya melalui perdagangan digital seperti Indonesiastore.ae," ungkap Husin.
 
Sementara itu, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Heny Rusmiyati juga berharap produk Indonesia tidak hanya diminati masyarakat lokal (UEA), tetapi juga masyarakat dari kalangan ekspatriat yang mendominasi hampir 85 persen total populasi UEA.
 
"Langkah ini akan terus didukung oleh ITPC Dubai untuk peningkatan ekspor ke wilayah EUA dan sekitarnya," kata dia.
 
Pada periode Januari-September 2020, total perdagangan Indonesia-UEA mencapai USD2,22 miliar. Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke UEA tercatat sebesar USD922 juta. Komoditas ekspor utama Indonesia ke UEA di antaranya perhiasan, kendaraan, kelapa sawit, kertas karton, dan kain tenun sintetis.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif