Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Revisi Aturan, Target Kapasitas PLTS Atap Meningkat Drastis

Ekonomi Kementerian ESDM Energi Terbarukan
Suci Sedya Utami • 17 Januari 2021 18:10
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah merevisi aturan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau rooftop solar panel. Perubahan regulasi yang ditargetkan rampung pada kuartal I tahun ini diharapkan menjadi pendorong peningkatan kapasitas PLTS Atap.
 
Mengutip data Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE)  Minggu, 17 Januari 2021, kapasitas terpasang PLTS Atap hingga akhir 2020 mencapai 13,4 megawatt (MW).
 
Direktur Jenderal EBTKE Dadan Kusdiana mengatakan dengan regulasi anyar nantinya, pada tahun ini target penambahan kapasitas terpasang PLTS atap mencapai 70 MW, meningkat drastis dibandingkan target tahun lalu sebesar 13 MW.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa kita yakin bisa? Karena ada perbaikan regulasi oleh Kementerian ESDM sehingga orang lebih tertarik," kata Dadan.
 
Dalam aturan baru tersebut, pemilik PLTS Atap berpeluang mendapatkan jatah daya lebih besar dari yang dihasilkan. Dalam aturan yang berlaku saat ini, tidak banyak daya yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik PLTS Atap. Selain itu, meski tidak masuk ke jaringan PLN tapi para pemilik PLTS bisa mengirimkan listrik yang dihasilkan ke PLN.
 
"Kalau sekarang kita kirim 100 kWh ke PLN kita bisa pakai 65 persennya. Sekarang kita sedang bahas dengan PLN bisa naik berapa. Kalau bisa ambil lebih banyak itu lebih menarik," ujar Dadan.
 
Lebih lanjut, aturan perubahan ini juga akan memperhatikan kepentingan PLN. Pasalnya ada juga yang menilai dengan banyaknya PLTS Atap maka berdampak pada penyerapan listrik yang diproduksi PLN .
 
Sejak diterbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mengatur pemanfaatan sistem PLTS Atap pada Desember 2018, pelanggan PLN yang memasang sambungan baru tercatat mencapai 2.566 dengan total kapasitas terpasang mencapai 18,19 megawatt peak (MWp).
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif