Presiden Direktur Freeport Indonesia, Tony Wenas (kanan). Dok. Medcom.id
Presiden Direktur Freeport Indonesia, Tony Wenas (kanan). Dok. Medcom.id

Newsmaker by Medcom.id

60-70% Keuntungan Freeport Dimiliki Pemerintah Indonesia

Ekonomi Freeport medcom.id Dua Tahun Jokowi-Maruf Smelter Freeport Gresik
Medcom • 17 Oktober 2021 10:13
Jakarta: PT Freeport Indonesia sedang memulai pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur, dan akan menjadi smelter single line terbesar di dunia. Sebagian keuntungan hasil produksi Freeport Indonesia diberikan untuk Indonesia.
 
“Tahun ini kita akan memproduksi sekitar 1,3 miliar pound tembaga dan sekitar 1,3 juta ounces emas. Dan diharapkan tahun depan akan dapat memproduksi lebih banyak lagi dan angka normal produksi tahun depan” ucap Presiden Direktur Freeport Indonesia, Tony Wenas, dalam siaran langsung Newsmaker by Medcom.id, 16 Oktober 2021.
 
Tony mengakui banyak awam yang bertanya-tanya seberapa besar Indonesia mendapat bagian. Tony menyebut pemerintah juga mendapatkan bagian juga dari keuntungan hasil tambang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dari 100 persen pendapatan, pemerintah kira-kira mendapatkan sekitar 60-70 persen,” ucap Tony.
 
Baca: Pembangunan Smelter Freeport di JIIPE Gresik Bakal Perkuat Hilirisasi Industri
 
Tony menjelaskan pemerintah mendapatkan keuntungan tersebut dari sebelum memiliki saham sebesar 51 persen di PT Freeport Indonesia. Bagian pemerintah termasuk pajak, royalti, pajak-pajak daerah, dan dividen jika ditotal semuanya.
 
“Dan tahun depan Inalum atau MIND ID (holding pertambangan BUMN) sebagai wakil pemerintah yang memegang saham kita itu akan menerima dividen sebesar US$1 miliar atau Rp14 triliun per tahun," kata Tony. (Raja Alif Adhi Budoyo)
 
 
(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif