Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan - - Foto: dok Kemenko Marves
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan - - Foto: dok Kemenko Marves

Luhut Sambangi Markas Tesla, Elon Musk Antusias Bahas Kendaraan Listrik RI

Ekonomi mobil listrik Investasi Asing Luhut Binsar Pandjaitan Tesla elon musk Kendaraan Listrik Baterai kendaraan Listrik
Insi Nantika Jelita • 26 April 2022 14:23
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla Inc, di Texas, Amerika Serikat.
 
Momen tersebut diunggah oleh Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir yang juga ikut bersama Luhut menemui Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk.
 
Pandu menerangkan ada tiga isu penting yang dibahas Menko Marves dengan Bos Tesla itu. Salah satunya ialah soal pengembangan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari yang sangat beruntung buat saya bisa bertemu dengan Elon Musk di Austin, Texas. Kami satu delegasi dipimpin Pak Luhut berbicara mengenai electric vehicle, renewable energy (energi terbarukan) dan juga mengenai B20," tulisnya dalam akun Instagram @pandusjahrir, Selasa, 26 April 2022.
 
Elon, kata Pandu, antusias membicarakan perkembangan industri nikel dan kendaraan listrik di Indonesia. Keponakan Luhut itu berharap dengan pertemuan tersebut bisa membawa kemajuan investasi, utamanya soal EV di Tanah Air.
 
"Semoga dengan pertemuan ini bisa membawa lebih banyak lagi investasi high technology ke Indonesia dan Indonesia bisa menjadi bagian penting dari supply chain global electric vehicle industry," pungkasnya.

 
Pada 2020 lalu, Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Luhut telah melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk. Keduanya membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.
 
Luhut pun sempat sesumbar bahwa produsen mobil listrik, Tesla akan mengunjungi Indonesia pada awal 2021. Namun, pembicaraan mengenai peluang investasi itu mandek. dalam acara Closing Ceremony Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022, Luhut menegaskan bahwa Indonesia tidak mau dipermainkan oleh Tesla.

"Saya bilang, 'Hei! Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin baterai litium'. Anda mau mendikte, saya bilang, 'Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama'," ucap Luhut.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif