Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Medcom.id/Roni
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Medcom.id/Roni

Ridwan Kamil Janji Perkuat Promosi Segitiga Emas Rebana

Ekonomi ridwan kamil investor
Ilham wibowo • 21 Juli 2020 17:21
Subang: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal kembali memperkuat promosi segitiga emas rebana Jabar kepada investor. Dia bilang, kawasan ekonomi terpadu tersebut perlu mengambil momentum relokasi industri perusahaan multinasional.
 
"Ini kawasan emas di masa depan, pelabuhan dan bandara tidak terlalu jauh, jalan tol dekat dan ada juga kereta api, semua infrastruktur terbaik ada di sini," kata Emil saat menghadiri groundbreaking PT Meiloon Technology Indonesia di Subang, Jabar, Selasa, 21 Juli 2020.
 
Kawasan segitiga rebana meliputi Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan Pelabuhan Cirebon yang lingkupnya diproyeksikan menjadi area sangat maju dan futuristik di Indonesia. Di segitiga rebana nantinya akan beroperasi industri padat karya pada 10 kawasan yang dikembangkan dengan potensi mencapai 6.857 perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau traveling sudah dibuka saya akan jualan lagi potensi Jawa Barat ke luar negeri. Karena hasil kajian lembaga ekonomi internasional, banyak sekali investasi yang akan pindah dari Tiongkok," ungkapnya.
 
Dari ketiga daerah tersebut, segitiga rebana memiliki wilayah kawasan ekonomi khusus terbesar di Indonesia dengan luas wilayah mencapai 4.328,29 km persegi. Kawasan potensial untuk beragam industri manufaktur berorientasi ekspor.
 
Beberapa keunggulan lain kawasan ini yakni harga tanah yang masih relatif murah dan upah minimum regional (UMR) yang kompetitif. Menurut Emil, promosi yang akan dilakukan dengan mendatangi langsung para investor pun akan memberikan progres yang signifikan dalam realisasinya.
 
"Barang siapa yang jemput bola dia akan memenangkan investasi. Saya gubernur tugasnya koordinasi agar terjadi harmonisasi antar wilayah. Kalau rebana ini berhasil, ekonomi Jabar melompat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia terkerek luar biasa," tuturnya.
 
Terkait peningkatan perekonomian lokal, lanjut Emil, dirinya meminta para bupati meningkatkan daya saing calon tenaga kerja yang mesti siap menyambut relokasi investasi. Dengan begitu, para investor bisa memaksimalkan investasinya berkolaborasi bersama pengusaha lokal di Jabar.
 
"Di sini (Jabar) ada pengusaha yang memadai, pelan-pelan harus diubah ekonomi lokal oleh orang lokal," ucapnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif