Kementan bangun embung pertanian di Situbondo. Foto: dok Kementan.
Kementan bangun embung pertanian di Situbondo. Foto: dok Kementan.

Kementan Bangun Embung Pertanian di Situbondo

Ekonomi pertanian Kementerian Pertanian
Medcom • 19 September 2020 23:02

 
Kabupaten Situbondo berada pada ketinggian 0-1.250 meter di atas permukaan air laut. Tekstur tanah pada umumnya tergolong sedang 96,26 persen, tergolong halus 2,75 persen, dan kasar 0,99 persen. Jenis tanah daerah ini berjenis antara lain alluvial, regosol, gleysol, renzine, grumosol, mediteran, latosol, serta andosol.
 
Temperatur rata-rata di wilayah Situbondo berkisar 24,7°c - 27,9°c dengan rata-rata curah hujan antara 994 mm-1.503 mm per tahunnya. Menurut Klasifikasi Iklim Schmidt dan Fergusson, Situbondo tergolong daerah kering. Oleh karena itu keberadaan embung pertanian sangat membantu dalam rangka menyediakan air irigasi cadangan pada saat musim kemarau tiba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2019, Kabupaten Situbondo mendapatkan bantuan kegiatan pembangunan embung pertanian  yang terletak di Kelompok Tani Tirto Dimulyo III Desa Klampokan Kecamatan Panji.
 
Kegiatan tersebut merupakan Program Bantuan Pemerintah yang berasal dari Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2019, melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo.
 
Kasie Prasarana Sarana Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Situbondo Eny Bahariana mengatakan kelompok berkewajiban mengelola embung dengan baik. "Jangan sampai dibiarkan begitu saja, kalau bangunannya terawat dengan baik maka manfaatnya akan berkelanjutan bagi petani sekitar," pungkasnya.
 
(AHL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif