Ulfa Nurfebrianti, pengusaha UMKM sektor camilan asal Bandung mampu bertahan di saat covid-19. Foto: Medcom.id/Ilham W
Ulfa Nurfebrianti, pengusaha UMKM sektor camilan asal Bandung mampu bertahan di saat covid-19. Foto: Medcom.id/Ilham W

Luhut Kagum UMKM Kerupuk Kulit Tumbuh di Masa Sulit

Ekonomi umkm luhut panjaitan virus corona
Ilham wibowo • 14 Mei 2020 13:01
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengaku terkejut dengan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mampu tumbuh di tengah pandemi covid-19. Fasilitas digital sudah bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.
 
Momen tersebut terjadi pada saat Luhut berdiskusi interaktif secara virtual bersama pelaku UMKM dalam kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Luhut menyampaikan kekagumannya saat melihat produk kerupuk kulit milik Ulfa Nurfebrianti, pengusaha UMKM sektor camilan asal Bandung.
 
"Paten! Itu saya lihat kerupuknya dua warna, jadi ingin kerupuk banget," kata Luhut saat memperhatikan tumpukan kerupuk kulit, Kamis, 14 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan itu, Ulfa menyampaikan bahwa omzet dan penjualan bisa naik dua kali lipat bahkan pada saat Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di beberapa wilayah Jawa Barat. Kondisi ini jadi berkah tersendiri lantaran usahanya bisa tetap menghidupi para pegawai dan mitra yang terlibat.
 
"Alhamdulillah di tengah pandemi ini ada angin segar kalau untuk produk makanan. Omzet dan penjualan saya naik dua kali lipat dari bulan sebelumnya," kata Ulfa.
 
Selama pandemi covid-19, Ulfa memanfaatkan maksimal potensi platform digital e-commerce dalam melakukan penjualan. Orderan juga kemudian berdatangan dari pengemudi ojek online.
 
"Saya dibantu oleh para ojek online, dan kami semua kerja pakai masker dan sarung tangan, kami semua harus rajin mencuci tangan," ucapnya.
 
Menanggapi Ulfa, Luhut menyampaikan bahwa pemerintah mendukung penuh UMKM untuk bisa tetap eksis menghadapi pandemi wabah dengan dorongan memanfaatkan fasilitas digital dan kemudahan akses permodalan. Meski demikian, Luhut meminta seluruh kegiatan usah tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan agar tidak tertular covid-19.
 
"Waw! Tapi tetap jaga jarak dan pakai masker ya Mba ya, sosialisasi terus. Hebat, Ojol (ojek online) jalan," ungkap Luhut mendengar paparan Ulfa.
 
Luhut menambahkan bahwa seluruh kementerian dan lembaga akan bergotong-royong mempromosikan produk UMKM buatan dalam negeri tetap sebagai penopang ekonomi nasional. Pandemi covid-19 diharapkan jadi momentum memperkuat kebanggaan membeli produk dalam negeri.
 
"Mudah-mudahan covid-19 makin cepat diselesaikan. Hasil kita punya modeling akan landai minggu keempat bulan ini. Kita berharap bulan depan sudah makin bagus tapi tidak boleh tidak pakai masker dan cuci tangan, jaga jarak harus tetap dilakukan," tutup Luhut.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif