Ilustrasi - - Foto: Antara/ Jojon
Ilustrasi - - Foto: Antara/ Jojon

Layanan WhatsApp Listrik Gratis Dapat Digunakan Pekan Depan

Ekonomi pln tarif listrik
Suci Sedya Utami • 03 April 2020 20:24
Jakarta: PT PLN (Persero) menyatakan layanan pembebasan dan diskon listrik melalui aplikasi WhatsApp mulai berlaku Senin, 6 April 2020. Pengurangan tarif listrik ini bisa mencapai 50 persen.
 
"Nomor itu akan bisa berjalan mulai Senin, tetapi saat ini masih tahap perbaikan," kata Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo dalam virtual conference, Jumat, 3 April 2020.
 
Darmawan mengatakan layanan tersebut sednag mengalami gangguan lantaran trafik yang tinggi. Karena itu, masyarakat diminta mengakses laman resmi PLN,https://www.pln.co.iduntuk mendapatkan informasi mengenai pembebasan tagihan listrik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami persilakan masuk ke website dan pilih menu pelanggan. Di sana, ada sub-menu 'stimulus covid-19'. Masukkan ID pelanggan atau nomor meternya dan masuk ke token token listrik gratis. Saat token gratis berhasil didapatkan, dipersilakan memasukkan angka tersebut ke kWh meter agar dapat diskonnya sesuai arahan pemerintah," terang Darmawan.
 
Sementara itu, jika layanan WhatsApp sudah tersedia pada 6 April, masyarakat dapat mengirim pesan ke nomor 08122123123. "Ketik (pesan) apa saja, nanti dapat balasan. Masukkan ID pelanggan, nanti akan ada token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan ke KWh meter," tutur dia.
 
Darmawan mengingatkan tidak semua pelanggan berhak mendapat bantuan. Pasalnya, hanya ada dua kelompok yang menerima insentif, yaitu pelanggan listrik berkapasitas 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi.
 
Artinya, pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode 'M' pada nomor struk tagihan tidak mendapatkan bantuan pengurangan listrik sebesar 50 persen.

 
"Kalau pelanggan melihat struknya saat beli token, ada kode-nya R1M, M artinya mampu. Berarti walaupun 900 VA, mohon maaf mereka ini non subsidi atau mampu sehingga tidak eligible (berhak) mendapatkan diskon sampai saat ini," ucap Darmawan.
 
Berikut mekanisme mendapatkan keringanan melalui website:
 
1. Buka alamatwww.pln.co.idkemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
 
Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0812-2123-123 dengan cara sebagai berikut:
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
 
Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.
 
Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah tujuh juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif