NEWSTICKER
Ilustrasi - - Foto: Antara/ M Asim
Ilustrasi - - Foto: Antara/ M Asim

Pusat Perbelanjaan Dipastikan Tetap Buka

Ekonomi Virus Korona
Ilham wibowo • 17 Maret 2020 10:55
Jakarta: Pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia dipastikan tetap buka di tengah penanganan virus korona atau covid-19 di Tanah Air. Namun, jam operasional akan berubah dari biasanya.
 
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan dibukanya fasilitas mal ini demi melayani kebutuhan masyarakat akan bahan pokok. Pasalnya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah selama dua pekan sebagai upaya penanganan covid-19.
 
"Bagi kami ada satu kewajiban dan tanggung jawab untuk tetap melayani keperluan berbelanja dari masyarakat," kata Alphonzus kepada Medcom.id, Selasa, 17 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain APPBI, pengusaha mal yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) juga telah menyepakati pengubahan jam operasional mal selama penanganan covid-19 berlangsung.

 
"Kami tidak bisa tutup secara total yang bisa dilakukan adalah mengurangi jam operasional karena biar bagaimana pun kita harus melayani masyarakat yang masih butuh mengisi kebutuhan berbelanja," ujarnya.
 
Alphonzus mengatakan perubahan jam operasional ini akan bervariasi di setiap mal. Karyawan atau penyewa toko diberikan keleluasaan untuk beristirahat bila mengalami kendala kesehatan atau gejala terjangkit covid-19.
 
"Biasanya mal buka itu setiap pukul 10.00 hingga 22.00 WIB lalu sekarang berubah ada yang dari pukul 11.00 hingga 20.00 WIB, ada juga yang mulai pukul 11.30 hingga 20.30 WIB, hampir semua tenant dan toko tetap buka," ungkap dia.
 
Masyarakat pun diharapkan tak khawatir dengan ketersediaan kebutuhan pokok yang akan terus dipasok oleh produsen. Namun demikian, pengunjung mal diminta tetap waspada dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.
 
"Mal sendiri kami lakukan sanitasi setiap malam, secara umum kami maksimalkan supaya mal dalam kondisi sehat dan baik termasuk untuk seluruh pegawai," kata Alphonzus.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif