Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Foto : Kemendag.
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Foto : Kemendag.

SDM Kemendag Harus Siap Hadapi Tantangan Global

Ekonomi Kementerian Perdagangan Daya Saing
Ilham wibowo • 01 September 2020 09:00
Jakarta: Sumber daya manusia (SDM) perdagangan yang unggul dan andal akan lebih siap menghadapi tantangan dan kompetisi global. Peningkatan kualitas kinerja pun akan turut menaikan daya saing.
 
Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat meresmikan gedung baru Pusdiklat Perdagangan di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin, 31 Agustus 2020. Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan jajaran Eselon I Kementerian Perdagangan.
 
“Kemendag bekerja keras mendukung prioritas pemerintah dalam menciptakan SDM perdagangan yang unggul dan berdaya saing. Pusdiklat merupakan ujung tombak kemajuan SDM Perdagangan,” kata Agus melalui keterangan resmi, Senin, 31 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus mengungkapkan bahwa pengembangan kompetensi perlu lebih ditingkatkan agar efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi. Metode belajar juga harus dapat memanfaatkan berbagai sumber agar mendukung terwujudnya cita-cita Smart Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024.
 
“ASN harus memiliki wawasan kebangsaan, khususnya dalam memahami kemajemukan, keberagaman agama, suku, dan budaya Indonesia. Hal ini kemudian menjadi kompetensi sosial kultural,” ujarnya
 
Agus mengatakan, Pusdiklat Perdagangan perlu berbenah mengahadapi perubahan situasi perekonomian. Pelaksanaan pelatihan juga perlu dievaluasi dengan objektif dan berbasis data agar memiliki dampak jangka panjang.
 
“Kita akan terus mendukung lembaga pendidikan dan pelatihan, termasuk Pusdiklat Perdagangan, untuk melakukan pembenahan agar siap menghadapi perubahan. Pusdiklat Perdagangandiharapkan mampu memasuki era baru dengan lebih profesional, tanggap, dan berperan besar dalam peningkatan SDM nasional,” ucapnya.
 
Usai meresmikan Pusdiklat Perdagangan, Mendag Agus meluncurkan e-learning kompetensi unggul perdagangan (Kudagang). Sistem tersebut dibangun menggunakan learning management system (LMS) untuk memudahkan Kemendag dan masyarakat umum melaksanakan pembelajaran secara daring.
 
“E-learning Kudagang dilengkapi dengan dasbor untuk melihat progress pembelajaran, kalender, dan rekaman aktivitas pembelajaran,” pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif