Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio - - Foto: dok Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio - - Foto: dok Kemenparekraf

Menparekraf: Mitra Gojek Beri Dampak Positif saat Pandemi

Ekonomi gojek Kemenparekraf pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 28 Oktober 2020 13:30
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi mitra Gojek yang telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat di saat pandemi. Dampak tersebut tercermin dari tingginya produktivitas usaha rumahan melalui order makanan.
 
"Sejak memulai sepak terjangnya pada 2010, Gojek telah banyak mengubah kehidupan masyarakat. Saya mengapresiasi para mitra Gojek yang telah memberikan dampak positif pada komunitas mereka sehingga semua orang dapat tetap produktif dan menjalani kehidupan terbaik mereka," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan perusahaan karya anak bangsa itu juga telah berhasil mengembangkan diri, tidak hanya sebagai penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi semata, tapi menjadi layanan one-stop service berbasis teknologi yang telah merambah pasar mancanegara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Gojek disebut telah berkontribusi besar pada kemajuan bangsa. Salah satunya berhasil mengintegrasikan dan mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
 
"Keberhasilan Gojek saat ini memang tidak terlepas dari bantuan jutaan mitranya yang terus menunjukkan kekuatan, optimisme, kerja keras dan ketekunan di masa seperti ini. Semoga kedepannya Gojek dan para mitranya akan terus melanjutkan peran menjadi kolaborator untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," ungkapnya.
 
Co-Founder & Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengakui selama sepuluh tahun, Gojek bersama-sama dengan para mitra pengemudi dan mitra usaha telah membantu dan memudahkan kehidupan jutaan masyarakat.
 
Atas kontribusi besar para mitranya itu, Gojek untuk ketiga kalinya menyelenggarakan ajang tahunan penghargaan Mitra Juara Gojek 2020 (MJG 2020) yang memberikan apresiasi kepada para mitra yang mampu menginspirasi dan membawa kebaikan bagi diri mereka sendiri dan komunitas.
 
Khusus di tahun ini, apresiasi tidak hanya diberikan bagi mitra di Indonesia tapi juga mitra Gojek di wilayah operasionalnya yang lain, yakni di Thailand, Vietnam, dan Singapura. Hal ini sejalan dengan penyatuan brand Gojek di seluruh negara perusahaan beroperasi di empat negara di Asia Tenggara tersebut.
 
"Program penghargaan tahunan Gojek bagi para mitra inspiratif kami yang terus menunjukkan kekuatan, optimisme, kerja keras, serta ketekunan agar dapat tetap produktif terutama di masa-masa sulit ini. Para mitra juara telah terus memberikan dampak positif di komunitas mereka. Melalui berbagai cara, mereka telah menginspirasi kami untuk terus berinovasi sehingga dapat maju bersama," tutur Kevin.
 
Sementara itu, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan pihaknya sangat menghargai dukungan besar dari seluruh ekosistem Gojek terhadap pencapaian selama ini.
 
"Kami harap MJG 2020 dapat mendorong para mitra kami untuk terus melangkah dan memberikan dampak positif bagi lingkungan mereka, serta memberikan inspirasi bagi semua dengan semangat #PastiAdaJalan," ujarnya.
 
Apresiasi bagi mitra Gojek diselenggarakan pada perayaan Hari Jadi Gojek ke-10 yang terdapat 27 mitra yang memperoleh penghargaan di sembilan kategori, yaitu MJG Kategori Roda Dua, MJG Kategori Roda Empat, MJG Kategori Logistik, MJG Kategori GoFood, MJG Kategori GoPay, MJG Kategori Mapan, lalu MJG Thailand, MJG Singapura, dan MJG Vietnam.
 
Kemudian, terdapat juga satu kategori khusus, yakni Mitra Juara Pilihan Gojekers, yang akan mengundang masyarakat pengguna Gojek untuk memilih kisah paling inspiratif dari Juara I dari masing-masing kategori.
 
Total hadiah yang diberikan dalam ajang MJG 2020 kali ini mencapai lebih dari Rp600 juta yang diserahkan dalam bentuk uang tunai, voucher belanja dan sejumlah produk. MJG 2020 kali ini didukung oleh sejumlah mitra bisnis Gojek, antara lain BCA, BRI, Alfamart, dan AIA Financial.
 
"Jadi dengan program yang ada, pemerintah yakin bahwa apa yang didorong oleh pemerintah memang dibutuhkan masyarakat. Tujuan untuk perlindungan sosial dan juga meng-create demand, mensupport daya beli ini diterima secara positif oleh masyarakat," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif