Ilustrasi operasi pasar minyak goreng. Foto: dok MI/Galih.
Ilustrasi operasi pasar minyak goreng. Foto: dok MI/Galih.

Belum Semua Toko Berlakukan Harga Jual Minyak Goreng Rp14 Ribu/Liter

Ekonomi minyak goreng Pasar Tradisional Minyak Goreng Satu Harga
Antara • 24 Januari 2022 06:53
Sumenep: Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskop Perindag) Pemkab Sumenep, Jawa Timur, Ahad, memantau pemberlakuan harga minyak goreng Rp14 ribu di sejumlah toko swalayan dan pasar tradisional.
 
Menurut Kepala Diskop Perindag Pemkab Sumenep Ainur Rasyid, pemantauan dilakukan oleh tim khusus bersama personel Polres Sumenep, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) pemkab setempat.
 
"Hasil dari pemantauan yang kami lakukan, belum semua toko memberlakukan harga jual minyak goreng Rp14 ribu," katanya, dilansir Antara, Senin, 24 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, toko yang menjual minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter, sementara ini hanya toko swalayan ritel, seperti Alfamart dan Indomaret. Sedangkan toko-toko kelompok di sejumlah pasar tradisional belum.
 
Ainur menjelaskan, berdasarkan pengakuan pada pedagang di Pasar Anom Sumenep, mereka menjual harga minyak goreng dengan harga lama, karena menghabiskan stok yang ada.
 
"Di samping itu, agen pemasok minyak goreng di sebagian toko di beberapa pasar tradisional yang ada di Sumenep ini, bukan agen yang memang bekerja sama dengan pemerintah pusat," katanya.
 
"Tapi, kami sudah memberikan penjelasan dan pengarahan kepada para pedagang, bahkan minyak goreng kemasan seharga Rp14 ribu per liter itu, akan berlangsung selama enam bulan," katanya.
 
Jika, para pedagang tidak segera berupaya kulaan ke agen minyak goreng yang memang ditunjuk oleh pemerintah pusat tersebut, maka dampaknya pada penjualan.
 
"Sebab, warga pasti akan memburu minyak goreng yang lebih murah," ujar dia.
 
Harga minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter itu sesuai dengan ketentuan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan Untuk Kebutuhan Masyarakat seharga Rp14 ribu. Tujuannya untuk menurunkan harga minyak di pasaran yang akhir-akhir naik.
 
Terkait program ini, pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp7,6 triliun guna membiayai subsidi 250 juta liter minyak goreng kemasan per bulan atau setara 1,5 miliar liter selama enam bulan bagi masyarakat di Indonesia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif