Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

BKPM Kawal Investasi Pabrik Susu dari Belanda Senilai Rp3 Triliun

Ekonomi bkpm investasi asing
Eko Nordiansyah • 23 Maret 2020 17:18
Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengaku tetap mengawal sejumlah realisasi investasi di tengah pandemi virus korona (covid-19). Salah satunya adalah realisasi investasi dari Belanda usai kunjungan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima ke Indonesia.
 
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebutkan salah satu realisasi investasi setelah kunjungan tersebut adalah pembangunan pabrik susu. Investasi senilai Rp3 triliun tersebut menurutnya masih berjalan setelah dilakukan groundbreaking.
 
"Salah satu yang diteken BKPM adalah, (investasi) pabrik susu sekitar Rp3 trilun lebih dan sekarang groundbreaking sudah mulai berjalan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, sejumlah investasi dari Belanda memang masih berlanjut sebagaimana investasi dari negara lainnya, Terlebih untuk investasi yang pembangunannya sudah mencapai lebih dari 50 persen tetap dijalankan di tengah kekhawatiran soal korona.
 
"Dengan Belanda realisasi yang ditangani BKPM jalan terus. Realisai yang sudah existing sudah 70 persen, ini jalan terus. Jadi no problem, jalan terus," ungkap dia.
 
Pada lawatannya beberapa waktu lalu, Raja Belanda Willem Alexander membawa sejumlah pengusaha kelas kakap untuk berinvestasi di Indonesia. Nilai investasi yang dibawa sekitar USD1 miliar atau sekitar Rp14,31 triliun (kurs per USD1=Rp14.310).
 
Pada periode kuartal IV-2019, Belanda menduduki posisi kelima sebagai negara asal investasi dengan USD0,5 miliar (7,1 persen) di bawah Tiongkok sebesar USD1,4 miliar (20,4 persen), Hong Kong USD1,1 miliar (16,3 persen), Singapura USD1,1 miliar (16,1 persen), serta Jepang USD1,1 miliar (15,3 persen).
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif