Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto : Medcom.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto : Medcom.

Menperin: Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan di Pabrik

Ekonomi Kementerian Perindustrian protokol kesehatan
Ilham wibowo • 20 September 2020 10:11
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita terus menekankan bahwa operasional pabrik harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Aktivitas manufaktur strategis seperti olahan pangan perlu terus terjaga memenuhi kebutuhan pasar domestik.
 
"Para petugas di lapangan harus tegas untuk menindak bagi yang belum menjalani secara disiplin,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 20 September 2020.
 
Fasilitas pabrik yang menjadi pusat kegiatan pekerja perlu diperhatikan lebih fokus. Dari jumlah kasus positif virus korona di Indonesia saat ini, dua persen di antaranya merupakan karyawan pabrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami telah mengimbau kepada pelaku industri agar juga memperhatikan kegiatan para pekerjanya di luar, baik itu sebelum atau sesudah mereka masuk pabrik,” ungkapnya.
 
Agus mengemukakan bahwa umumnya karyawan pabrik yang terpapar virus korona penyebabnya berasal dari luar lingkungan kerjanya. Penggunaan masker sangat penting lantaran cukup sulit mendeteksi pekerja yang telah terpapar wabah akan tetapi tanpa gejala.
 
“Mungkin mereka di luar pabrik tidak memperhatikan protokol kesehatan ketika berkerumun. Karena saya yakin, penyebaran virus di perusahaan sangat minim,” ujarnya.
 
Sejauh ini, Agus masih memberlakukan peraturan agar perusahaan memegang Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) seperti pabrik olahan makanan dan minuman. Sektor tersebut produktivitasnya perlu tetap terjaga memenuhi kenaikan permintaan kebutuhan pangan domestik selama pandemi.
 
“Sektor manufaktur seperti industri makanan dan minuman selama ini menjadi penopang atau motor penggerak bagi perekonomian kita,” ujarnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif