RUU Cipta Kerja. Foto : Medcom.
RUU Cipta Kerja. Foto : Medcom.

Mengapa Seluruh Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja Belum Rampung? Ini Alasannya

Ekonomi pandemi covid-19 UU Cipta Kerja
Eko Nordiansyah • 24 November 2020 18:21
Jakarta: Pemerintah terus mengebut penyelesaian aturan pelaksana untuk Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Sampai saat ini sudah ada 30 draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) maupun Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) yang telah dipublikasikan.
 
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan pemerintah terus mengejar penyelesaian pembahasan untuk 40 RPP dan empat RPerpres yang ditargetkan menjadi aturan pelaksana UU Cipta Kerja.
 
"Secara prinsip semua RPP dan RPerpres per hari ini sebenarnya sudah selesai. Namun demikian ada beberapa yang (belum selesai) di internal pemerintah karena lintas K/L cukup banyak," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan seluruh aturan pelaksana UU Cipta Kerja nantinya bisa diakses masyarakat melalui uu-ciptakerja.go.id. Adanya portal ini diharapkan membuka partisipasi masyarakat untuk memberi masukan terhadap aturan yang tengah disusun.
 
"Masyarakat  bisa mengunduh, mengunduh semuanya dan memberikan masukan di situ juga bisa. Nah kami komitmen awal pembahasan RPP dan RPerpres melibatkan semua stakeholder, termasuk publik masyarakat, media, dan semuanya," jelas dia.
 
Lebih lanjut, pemerintah menargetkan seluruh aturan pelaksana UU Cipta Kerja akan tersedia di portal resmi pada akhir bulan ini atau awal Desember. Tak hanya itu, pemerintah juga tengah membentuk tim serap aspirasi agar partisipasi publik juga bisa terlibat.
 
"Kira-kira intinya adalah ada tokoh-tokoh nasional, para ahli akademisi, teman-teman para praktisi sesuai sektornya masing-masing. Nanti akan membantu pemerintah sebagai pihak independen di dalam menerima masukan dari seluruh masyarakat," pungkasnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif