Ilustrasi PT Chevron Pacific Indonesia (PCI) - - Foto: dok AFP
Ilustrasi PT Chevron Pacific Indonesia (PCI) - - Foto: dok AFP

Chevron Alami Pencurian Fasilitas Operasi di Blok Rokan

Ekonomi SKK Migas chevron Blok Rokan Proyek Hulu Migas
Suci Sedya Utami • 07 Mei 2021 16:41
Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) melaporkan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengalami gangguan berupa pencurian fasilitas operasi di Blok Rokan.
 
"CPI mengalami cobaan atas keamanan operasional yang sangat masif," kata Kepala Departemen Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagut Haryanto Syafri dalam virtual media gathering, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Hariyanto menyebut pada 2019 terdapat 981 kejadian pencurian fasilitas operasi. Rata-rata dalam sehari 2,7 kejadian pencurian di tahun tersebut. Kegiatan pencurian ini makin berkurang di 2020 menjadi 300 kejadian dan di 2021 hingga kini sebanyak 66 kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harapkan kejadiaan pencurian fasilitas operasi bisa terus diturunkan," ujar Haryanto.
 
Dalam kesempatan yang sama Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menyatakan akan membantu CPI untuk menemukan pelaku pencurian fasilitas operasi selama ini sebab bisa mengganggu pemenuhan target produksi.
 
Agung mengatakan hal ini dilakukan untuk mendukung CPI dalam memenuhi target produksi yang telah ditentukan. Apalagi kaitannya dalam mendukung target peningkatan produksi minyak nasional sebesar satu juta barel per hari (bph) di 2021.

"Blok Rokan harus memiliki ekosistem yang baik. Kita ingin men-support Blok Rokan memenuhi target-targetnya. Saya harus jamin keamanannya," tutur Agung.
 
Selain pencurian fasilitas operasi, gangguan operasi yang ditemui CPI yakni maraknya aksi pencurian minyak (ilegal tapping). Aksi ini tentu berpotensi merugikan negara.
 
Lebih lanjut, aksi illegal tapping saat ini memang sudah tidak terjadi sejak kuartal II-2020. Blok Rokan saat ini zero illegal tapping.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif