Ilustrasi tranformasi digital - - Foto: Medcom
Ilustrasi tranformasi digital - - Foto: Medcom

Wamendag: Transformasi Digital Dukung Penguatan Ekspor

Ekonomi ekspor Kementerian Perdagangan transformasi digital
Ilham wibowo • 30 Oktober 2020 12:33
Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendorong penerapan teknologi digital di sektor usaha kecil menengah (UKM) agar ekspor Indonesia meningkat.
 
“Teknologi digital saat ini sudah mendominasi kegiatan ekonomi di dunia. Tentu saja pada saat yang sama karena adaptasi terhadap pandemi covid-19 yang semakin cepat," kata Jerry melalui keterangan tertulis, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Menurut Jerry banyak potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan agar menjadi peluang usaha dalam meraih pasar domestik maupun pasar ekspor. Wilayah Provinsi Maluku misalnya, memaksimalkan transformasi di ekosistem digital dengan mengambil momentum pertumbuhan kinerja ekspor hingga 140,8 persen pada periode Januari-Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekspor tersebut didominasi oleh udang, tuna beku dan mutiara dengan pangsa masing-masing sebesar 59,9 persen, 11,7 persen, dan 7,7 persen dari total ekspor Maluku. Sementara dari sisi negara tujuan, Uni Emirat Arab dan Tiongkok tumbuh sangat signifikan masing-masing sebesar 105.964,9 persen dan 14.156,8 persen.
 
“Kejayaan Maluku yang terkenal dan diperebutkan bangsa-bangsa Eropa pada abad ke-16 dahulu harus kita kembalikan, dengan menjadikan produk-produk dari Maluku sebagai mutiara dari Timur Indonesia. Jika kita tidak mampu beradaptasi dan tidak bisa menyiapkan generasi selanjutnya secara baik, tentu Indonesia akan tertinggal dari negara-negara lain," ungkap Jerry.
 
Jerry menambahkan adaptasi di industri 4.0 perlu terus dipersiapkan bagi generasi muda. Sebab revolusi itu menyebabkan terjadinya peralihan lapangan kerja dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang seperti Indonesia.
 
"Kementerian Perdagangan akan terus melakukan kolaborasi antara kementerian/lembaga, asosiasi, dan komunitas untuk menggunakan platform niaga-el. Salah satunya dengan memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga dapat naik kelas," pungkasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif