Foto: Dok. Pertamina
Foto: Dok. Pertamina

Pertamina Bimbing UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Ekonomi pertamina
Gervin Nathaniel Purba • 14 Oktober 2020 11:36
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat para pelaku UMKM banting tulang sekaligus memutar otak agar bisnisnya tetap berjalan. Pada situasi ini, tantangan mereka ialah beradaptasi dengan teknologi digital.
 
Saat ini, sebagian orang masih melakukan aktivitas di rumah saja. Memanfaatkan teknologi digital menjadi syarat mutlak agar bisa terus bersaing di pasar digital yang sangat dinamis.
 
PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN turut berkontribusi membantu dan membimbing para UMKM agar bisa bertahan pada situasi pandemi ini. Upaya itu diwujudkan dengan menyelenggarakan pameran virtual UMKM pertama dan terbesar di Indonesia pada 9-11 September 2020, bertema Digitalisasi Usaha Kecil, Bikin Bangga Indonesia!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pameran virtual yang diberi nama PERTAMINA SMEXPO 2020 ini akan melibatkan ratusan UMKM mitra binaan Pertamina. Para UMKM tersebut di antaranya adalah mereka yang terkena dampak pandemi covid-19 secara langsung," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Dampak yang dirasakan berbeda-beda. Mulai dari kenaikan ongkos produksi, kesulitan mendapatkan bahan baku, hingga kehabisan modal yang membuat mereka harus menutup
usaha mereka. Acara ini diselenggarakan gratis hanya dengan mengakses laman digital www.pertaminasmexpo.com pada 9-11 September 2020, dan terbuka untuk pelaku
usaha maupun masyarakat umum.
 
Acara ini juga menjadi ajang bagi para pelaku usaha untuk membuktikan kualitas produk yang dihasilkan telah diakui oleh banyak pihak. Pengunjung dapat menjelajahi empat kategori besar produk UMKM yang ada, yakni Fesyen, Agrobisnis, Craft/Furniture, dan Food & Beverage.
 
Era digitalisasi menuntut seluruh pihak melek digital, termasuk para pelaku UMKM. Akses pemasaran yang lebih luas diharapkan dapat menjaga ekonomi masyarakat tetap tumbuh.
 
Dengan demikian lapangan kerja tetap terbuka. Selain memudahkan masyarakat untuk mengunjungi pameran tersebut karena dapat diakses dimana saja, pameran virtual semacam
ini juga dapat menjadi ajang pelatihan bagi UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya secara digital di kemudian hari.
 
Selain memudahkan masyarakat untuk berbelanja, acara ini dapat menjadikan UMKM semakin melek dengan dunia digital.
 
Techminar Kreen Indonesia bertajuk UMKM Digital Expo 2020 membahas lebih lanjut mengenai UMKM Indonesia dengan sub topik meliputi seberapa besar peluang yang didapatkan UMKM Indonesia dalam penggunaan platform digital, cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah penghubung brand dan konsumen, tren produk yang sedang digandrungi oleh para UMKM saat ini, serta memahami cara memasarkan dan menjual produk yang laris dengan biaya minim.
 
Acara ini akan dihadiri oleh Fauzan Ghani (Founder Doogether), Lucassen Salim (Paper.id), Moodah, Julio (Founder Komunitas Bisa Ekspor), dan MKS Shoes. Kelimanya adalah kumpulan pelaku usaha, UMKM, dan startup yang berkomitmen membantu UMKM dalam mengadopsi tren digitalisasi dalam memaksimalkan penjualan mereka.
 
Acara ini akan diadakan Kamis, 15 Oktober 2020 Pukul 13.30. Jangan lupa lakukan pendaftaran melalui website https://kreen.id/webinar/umkmdigitalexpo
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif