Ilustrasi kegiatan bongkar muat di wilayah Pelindo III. Foto: dok Pelindo.
Ilustrasi kegiatan bongkar muat di wilayah Pelindo III. Foto: dok Pelindo.

Operasional Anak Usaha Pelindo IV Tetap Berjalan Normal

Ekonomi pelindo Pelabuhan
Antara • 15 Mei 2021 12:21
Makassar: Corporate Secretary PT Pelindo IV (Persero) Dwi Rahmad Toto mengatakan, tak hanya Pelindo IV yang membuka layanan operasional saat hari libur, tetapi kegiatan pelayanan operasional anak usaha BUMN kepelabuhanan ini pun dijamin tetap berjalan normal.
 
Hal itu dikemukakan Toto di Makassar, menanggapi kegiatan operasional pada saat libur Lebaran. Dia mencontohkan, PT Nusantara Terminal Services (NTS), anak usaha perseroan yang tetap melakukan pelayanan kegiatan yakni pengiriman material Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha), sehari menjelang libur Lebaran.
 
"Pengiriman dilakukan dari Makassar ke Nusa Tenggara Timur (NTT) secara door to door services (FOG) antara PT NTS dengan PT Adhi Karya (Persero)," kata Toto, dilansir dari Antara, Sabtu, 15 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedang layanan operasional kepelabuhanan, khususnya aktivitas bongkar muat, Toto mengatakan semua pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV baik di Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua tetap berjalan secara normal.
 
Hal itu karena didukung oleh SDM yang secara bergantian kerja (shift) dan juga didukung layanan digital. Layanan digital itu melalui sistem aplikasi VessP4 yang terdapat beberapa fitur di antaranya real time, yang melakukan pencatatan realisasi pelayanan kapal dilakukan secara real time.
 
Selain itu, juga tersedia online user registration, yaitu pengguna VessP4 dapat melakukan registrarsi di mana saja secara online. Juga digital document, yaitu digitalisasi dokumen pelayanan dan terarsip secara elektronik.
 
VessP4 juga telah dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk petugas pandu, sehingga realisasi pelayanan kapal langsung terkirim ke pengguna jasa sesaat setelah kegiatan pelayanan selesai dilaksanakan.
 
"Aplikasi tersebut juga anytime dan anywhere. Artinya, permohonan pelayanan kapal dapat dilakukan kapan pun dan di manapun berada," kata Toto.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif