Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin  - - Foto:  MI/ Immanuel Antonius
Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin - - Foto: MI/ Immanuel Antonius

Wamen BUMN Pastikan Bansos Produktif Cepat Terserap

Ekonomi bansos UMKM Pemulihan Ekonomi
Suci Sedya Utami • 12 Agustus 2020 19:07
Jakarta: Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin memastikan bantuan sosial (bansos) produktif bagi 12 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan terserap sesuai target. Masing-masing UMKM akan mendapatkan bantuan senilai Rp2,4 juta dengan pagu anggaran sebesar Rp28,8 triliun.
 
"Saya sampaikan bantuan produktif UMKM ini saya jamin bisa cepat (terserap)," kata Budi usai rapat di Istana Kepresidenan, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Budi menjelaskan Himbara memiliki data lengkap mengenai UMKM mana saja yang belum terjamah oleh bantuan pemerintah. Misalnya PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki empat juta data nasabah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bantuan ini dikhususkan bagi UMKM yang telah terdaftar di Himbara, Pegadaian, PNM, BPD, koperasi, BPR, serta bank wakaf mikro.
 
"Kalau di perbankan sudah rapi, yang belum pernah dapat pinjaman. Bisa ditransfer tinggal dikali Rp2,4 juta saja saya rasa itu angka yang cukup besar," tutur Budi.
 
Direktur Utama BRI Sunarso menambahkan pihaknya telah memiliki data dan sistem penyaluran yang tervalidasi.
 
Saat ini BRI mencoba memilah data nasabah yang memiliki saldo rekening tabungan Simpedes di bawah Rp2 juta dan belum mendapat kredit. Hasilnya teridentifikasi sebanyak 4,3 juta calon penerima yang terdiri dari 1,1 juta nasabah prioritas.
 
"Dari 4,3 juta itu kalau kami verifikasi ada 1,1 juta yang bisa menerima duluan. Selebihnya kami masih lakukan verifikasi," jelas dia.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif