Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. FOTO: MI/SUSANTO

Kemenkop UKM Optimalkan Pemberdayaan Aset Pemerintah untuk Masyarakat

Ekonomi Kementerian Koperasi dan UKM
Despian Nurhidayat • 27 November 2020 09:45
Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM baru saja melakukan rebranding Grand Smesco Hills yang berlokaso di Puncak, Bogor, untuk menjadi kampus kebun yang diberi nama Loka Hejo. Memiliki luas 12 hektare, tempat ini dikatakan akan menjadi tempat pelatihan masyarakat lokal untuk melakukan kegiatan agrikultiral dan kreatif di daerah tersebut.
 
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk mengoptimalkan aset pemerintah dalam hal ini Kemenkop UKM untuk masyarakat. Bahkan, dia tak menutup kemungkinan Loka Hejo ini nantinya dapat menghubungkan agrikultur dengan market wisata.
 
"Ini bisa membuat manfaatkan bagi masyarakat. Kita bisa buat bisnis model, mengembangkan kreativitas antara agrikultur dengan wisata. Kita harapkan ini bisa jadi kampus untuk mengolah wilayah seperti ini menjadi pusat wisata dan agrikultur," ungkapnya, dikutip dari Mediaindonesia.com, Jumat, 27 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada saat pandemi covid-19, sektor pertanian masih tumbuh positif 16,2 persen dibandingkan dengan sektor lain yang mengalami penurunan. Menurut Teten hal ini merupakan sebuah kesempatan yang dapat diambil oleh Kemenkop UKM untuk ikut memperkuat sektor pertanian.
 
"Karena model bisnisnya bisa dikembangkan. Makanya kalau dihubungkan dengan kebutuhan pasar barangkali bisa membantu memproduksi produk yang dibutuhkan masyarakat. Kalau bisa dihubungkan ke platform digital juga akan sangat baik. Ini kan lokasi dekat Jabodetabek jadi pasarnya sangat besar," kata Teten.
 
Teten menegaskan pemanfaatan ruang kosong untuk kegiatan produktif dan terhubung dengan pasar baik aktif maupun pasif dapat menjadi sebuah inisiatif yang dapat memajukan perekonomian daerah.
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan bahwa lokasi ini memiliki potensi yang sangat bagus khusunya dalam hal agrobisnis. "Tempat ini sangat bagus dan indah sekali. Punya potensi yang bagus. Ini bisa kita dorong untuk tingkatkan ekonomi masyarakat dengan kerja sama antara pemerintah dan swasta," tutur Leonard.
 
Menurutnya, Loka Hejo ini nantinya akan dibuatkan tiga program yakni loka tani, loka saji dan loka seni. Program ini pum akan dikembangkan agar ke depannya bisa memberdayakan masyarakat sekitar. Hal ini dapat dilakukan dengan hubungan antara pemerintah, swasta, dan komunitas yang berbasis agraria.
 
Tentunya dengan basis area yang akan mengangkat kearifan lokal. "Ini sebuah awal yang baik, kita coba survei dan ajak mitra kita yang sudah cukup banyak. Kita ajak yang sudah MoU bersama kita dan berkomitmen untuk bersama-sama membangun Loka Hejo," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif