Ilustrasi aset properti perbankan - - Foto: dok Shutterstock
Ilustrasi aset properti perbankan - - Foto: dok Shutterstock

Pemasaran Aset Properti Bank Mudahkan Masyarakat Miliki Hunian

Ekonomi Perbankan properti Perumahan pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 20 Maret 2021 14:35
Jakarta: Aset properti perbankan dinilai mampu mendukung pemulihan sektor properti di Tanah Air. Produk ini penting mengingat properti menjadi salah satu sektor yang paling terdampak lantaran anjloknya daya beli dan minat masyarakat terhadap produk properti selama pandemi.
 
Berdasarkan data Survei Harga Properti Bank Indonesia pada kuartal IV-2020, penjualan rumah masih mengalami kontraksi sebesar 20,59 persen secara year on year (yoy). Angka ini sebenarnya sudah lebih baik ketimbang kuartal sebelumnya yang terkontraksi hingga minus 30,93 persen (yoy).

 
SME-Segments, Products & Alliances Head Bank Danamon Ruddy Martono menjelaskan bahwa peningkatan jumlah aset properti bank tidak selalu menjadi kabar buruk untuk sektor properti. Masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan harga terjangkau dapat terbantu dengan adanya produk aset properti bank.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Properti jenis ini biasanya dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih murah dibanding standar pasar pada umumnya. Hal ini dilakukan guna mempercepat proses penyelesaian kredit agunan dengan pihak perbankan untuk mengurangi aset properti bank," ucap Ruddy dalam siaran persnya, Sabtu, 20 Maret 2021.
 
Menurutnya, pemasaran aset properti bank yang dilakukan secara digital dapat menjangkau masyarakat secara luas. "Respons sangat baik datang dari nasabah kami, terbukti dengan meningkatnya calon pembeli potensial dan harapan untuk mendorong penjualan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Emerging Business Head Bank OCBC NISP Iwan Juliawan memaparkan, walaupun terjadi penurunan di awal 2020, penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mulai meningkat pada kuartal II-2020. Bank OCBC NISP memperkirakan peningkatan permintaan tersebut akan berlanjut sepanjang 2021 seiring penurunan suku bunga KPR yang dilakukan bank.
 
Terkait hal ini, 99 Group yang menaungi 99.co dan Rumah123.com menjalin kerja sama eksklusif dengan Bank Danamon, OCBC NISP, dan BNI untuk memasarkan produk properti perbankan. Kerja sama yang dijalin 99 Group dan industri perbankan ini merupakan langkah strategis untuk mendorong penjualan aset properti, khususnya selama pandemi covid-19 ini.
 
"Sebagai portal properti terbesar di Indonesia yang telah berpengalaman dalam pemasaran digital, 99 Group dapat membantu memperluas pasar produk aset perbankan. Kami berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan layanan 99 Group kepada para pencari properti yang ingin memiliki hunian idaman dengan harga terjangkau," tutur CEO 99 Group Indonesia Chong Ming Hwee.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif