Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

BI Sulsel: Pandemi Momentum UMKM Tingkatkan Daya Saing

Ekonomi Bank Indonesia UMKM UMKM Indonesia
Antara • 09 Oktober 2020 10:03
Makassar: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Bambang Kusmiarso menyebutkan bahwa pandemi covid-19 telah mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meningkatkan daya saing agar tetap bertahan hidup.
 
Menurut dia pandemi ini meningkatkan motivasi dan menciptakan ruang tanpa batas melalui peningkatan penggunaan platform digital yang dapat menjadi motor penggerak dalam pemulihan ekonomi yang diharapkan bersama.
 
"Kami yakin UMKM akan menjadi penggerak perekonomian dalam periode pemulihan ekonomi saat ini, mampu mempengaruhi era baru ini pada masa adaptasi," katanya, dikutip dari Antara, Jumat, 9 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berkaitan dengan hal itu, lanjut Bambang, pelaku UMKM perlu menyesuaikan diri dengan memperhatikan momentum untuk merespon adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan empat hal. "Keempat hal itu adalah A-M-C-F yakni adaptif, momentum, creative, dan fastest," tuturnya.
 
Artinya UMKM harus memiliki kemampuan adaptasi, membaca momentum, kreatif menciptakan hal yang berbeda dan menarik untuk menjadi gaya hidup, serta mampu bergerak cepat. Bambang mengatakan, kemampuan bergerak cepat ini selain untuk berproduksi, juga mengadopsi teknologi digital di lapangan.
 
Itu terbukti dengan banyaknya usaha mikro yang naik kelas, karena mampu beradaptasi dengan teknologi dan memanfaatkan jejaring dengan mengikuti trend digitalisasi UMKM.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif