Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN

Komisi VI DPR Optimistis Holding BUMN Pariwisata Optimalisasi Potensi Indonesia

Al Abrar • 18 Januari 2022 14:49
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen mewujudkan megaekosistem pariwisata Indonesia, Harapannya agar perekonomian negara semakin meningkat dan jadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia.
 
Komitmen itu diwujudkan lewat Holding BUMN Pariwisata dan pendukung yang bernama Indonesia Journey (InJourney).
 
Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi mendukung penuh langkah Pemerintah lewat Menteri BUMN Erick Thohir mengintegrasikan BUMN sektor pariwisata, dan pendukung. Hal ini sangat baik karena mengoptimalkan semua potensi yang ada di BUMN. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut saya, Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung ini sangat baik karena mengintegrasikan semua unit usaha di BUMN," kata Intan, Selasa, 18 Januari 2022. 
 
Diketahui, InJourney menjadi Holding BUMN pertama yang bersifat ekosistem dari multisektor dan merupakan ekosistem pariwisata terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.
 
InJourney meliputi seluruh BUMN yang terkait dengan industri pariwisata dan pendukung, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata yang terintegrasi dan terkonsolidasi dari pemerintah pusat, daerah, swasta sampai menyentuh masyarakat.
 
Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) itu menyatakan, langkah Erick Thohir menggabungkan beberapa BUMN Pariwisata dan Pendukung secara langsung akan memadukan kinerja sektor pariwisata. Namun, ia mengingatkan agar kinerja sektor pariwisata dan pendukung ini dilakukan secara integratif dari hulu sampai hilir. 
 
Holding BUMN sektor ini terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, PT Prambanan dan Ratu Boko (Persero) (TWC) dan PT Sarinah (Persero). PT Sarinah misalnya, ditekankan Intan bisa lebih fokus dan efektif dalam menggarap sektor UMKM untuk mendukung pariwisata. 
 
"Modalitas sektor pariwisata kita bisa menjadi lebih kuat dengan adanya integrasi BUMN. Apalagi kita kan mempunyai banyak destinasi wisata," jelas Intan. 
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif