Ilustrasi serikat buruh - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi serikat buruh - - Foto: MI/ Ramdani

Serikat Buruh Tunggu Realisasi Insentif Karyawan

Ekonomi bansos serikat pekerja
Ilham wibowo • 11 Agustus 2020 18:53
Jakarta: Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menantikan realisasi bantuan insentif bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Program tersebut dinilai akan meringankan beban pekerja yang gajinya dipotong selama pandemi covid-19.

"Terhadap program pemberian bantuan gaji kepada buruh tentu KSPI setuju. Kami berharap program ini bisa segera direalisasikan," kata Presiden KSPI Said Iqbal kepadaMedcom.id, Selasa, 11 Agustus 2020.
 
Said mengungkapkan banyak kalangan buruh tidak mendapatkan upah penuh di masa pandemi. Karena itu, konsumsi rumah tangga di kalangan buruh turut terimbas. Ia berharap program tersebut disalurkan dengan tepat sasaran, tepat guna, dan disertai pengawasan yang ketat.
 
"Data 13 juta buruh yang akan menerima bantuan ini harus valid agar pemberian bantuan upah tepat sasaran," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KSPI lanjutnya, pernah mengusulkan program subsidi upah bagi buruh terdampak covid-19. Dengan adanya subsidi tersebut akan mendorong daya beli masyarakat serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional.
 
"Program ini hampir mirip dengan subsidi upah di beberapa negara, seperti di Selandia Baru, Eropa Barat, Singapura, dan Australia," tuturnya.
 
Kementerian Keuangan sebelumnya menyiapkan anggaran sebesar Rp31,2 triliun bagi 13 juta pegawai yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta
 
Mereka akan mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan sebagai salah satu stimulus dalam program perlindungan sosial. Dari total anggaran Rp203,91 triliun untuk perlindungan sosial, baru Rp85,51 triliun yang terealisasi.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif