NEWSTICKER
PLN telah menerapkan kebijakan work from home dan menjamin pasokan listrik aman. Foto: dok PLN.
PLN telah menerapkan kebijakan work from home dan menjamin pasokan listrik aman. Foto: dok PLN.

Work From Home, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman

Ekonomi pln
Ilham wibowo • 22 Maret 2020 09:43
Jakarta: Pemberlakuan kebijakan work from home (WFH) telah diperluas yang diikuti oleh 90 persen pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Implementasi mencegah penyebaran virus korona baru covid-19 ini tetap menjamin pasokan listrik tetap aman dan pelayanan pelanggan terjaga.
 
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan pihaknya menjamin pemberlakuan kebijakan WFH telah diikuti dengan pembagian sistem kerja antar unit di PLN, penyediaan layanan pekerjaan yang bisa diakses dari rumah tinggal pegawai, sampai dengan pengidentifikasian unit-unit kritikal yang tetap harus dijaga 24 jam.
 
"Pegawai PLN yang bertugas pada unit-unit Pengatur Beban, Transmisi, Distribusi, Pembangkit (Control Room dan Dispatcher Room), call center 123, command center, dan posko pelayanan teknik, tetap kami siagakan, sehingga pelayanan listrik kepada pelanggan tetap terjaga maksimal," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 22 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan tersebut sesuai imbauan Pemerintah yang meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan tanpa harus keluar dari rumah tinggal, dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 yang lebih luas.
 
PLN mengikuti imbauan tersebut untuk memastikan ketersediaan pasokan dan pelayanan. Menurutnya, sejak sebulan terakhir PLN telah mempersiapkan secara teknis dan menjadikan ketersediaan listrik kepada masyarakat sebagai prioritas layanan terpenting yang harus dijaga.
 
"Terhadap para pegawai yang harus bekerja dan berada di kantor karena memegang tanggung jawab kritikal, PLN menyediakan kendaraan antar jemput dari rumah tinggal menuju kantor sehingga mengurangi interaksi pegawai-pegawai tersebut di tempat-tempat umum yang rawan penularan. Mereka juga kami berikan tambahan makanan sehat dan vitamin untuk menjaga supaya tidak jatuh sakit," papar Zulkifli.
 
Selain itu, disediakan juga ruang pemeriksaan kesehatan khusus beserta tenaga medis dan peralatan pendukung untuk memonitor kondisi kesehatan pegawai yang harus bekerja di unit-unit kritikal tersebut.
 
Pemeriksaan kesehatan yang lebih rutin dan tambahan asupan vitamin juga diberikan bagi petugas contact center PLN 123 supaya tetap dapat melayani masyarakat selama 24 jam tujuh hari dalam seminggu. Fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam layanan dari mulai informasi tagihan rekening listrik, pelayanan pengaduan gangguan dan pelayanan penyambungan baru maupun tambah daya.
 
Ia menambahkan, pegawai PLN juga dibagi dalam kelompok-kelompok berbeda (split team) untuk memastikan pekerjaan dan layanan rutin tetap berlangsung. Sementara unit-unit yang bersifat pendukung dan administratif di kantor-kantor PLN, baik di pusat maupun daerah, para pegawainya diminta untuk bekerja dari rumah.
 
"Kami telah memetakan, bagian-bagian mana yang harus tetap bekerja penuh tidak boleh berhenti atau 24 jam, dan bagian mana yang dapat dijalankan melalui kantor-kantor PLN, dan bagian-bagian mana yang dapat dikerjakan oleh pegawai dari tempat tinggal mereka," ucapnya.
 
PLN juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.
 
"Ini kami imbau sebagai upaya preventif mencegah penularan virus korona covid-19. Kami mendorong dan menyarankan pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online," tuturnya.
 
Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN. Di antaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.
 
Tidak hanya pembayaran, pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online melalui Contact Center PLN 123 ataupun Aplikasi PLN Mobile, baik untuk layanan sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara, maupun pengaduan pelanggan.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif