Ilustrasi Tiongkok. Foto : AFP.
Ilustrasi Tiongkok. Foto : AFP.

Pemerintah Incar Investasi dari Perusahaan yang Keluar Tiongkok

Ekonomi investasi asing
Eko Nordiansyah • 13 Mei 2020 19:45
Jakarta: Pemerintah mengincar investasi dari perusahaan Amerika Serikat maupun Jepang yang dikabarkan keluar dari Tiongkok. Investasi dinilai bisa menjadi pendorong utama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi virus korona (covid-19).
 
"Banyak perusahaan dari Amerika Serikat, Jepang akan keluar dari Tiongkok, maka sekarang kita melihat apakah posturnya itu apa saja dan apakah kita bisa menjemput bola," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam diskusi virtual di Jakata, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Saat ini pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus melakukan pemantauan terhadap investasi. Bukan hanya investasi dari dalam negeri tetapi juga investasi asing melalui foreign direct invesment (FDI).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"FDI itu penting sekali source of capital yang paling stabil. Dalam covid sekalipun kita tetap memonitor dan meminta kepada BKPM untuk fokus dalam merealisasikan penanaman modal baik dalam negeri maupun luar negeri," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, saat ini memang investasi mengalami pelemahan terimbas covid-19. Pada kuartal I-2020 ini pertumbuhan investasi tercatat hanya 1,70 persen. Perlambatan investasi diharapkan tidak menurunkan pertumbuhannya usai covid-19 ini bisa diatasi.
 
"BKPM tetap melakukan langkah, apakah yang sekarang sudah ada di dalam pipeline hanya mengalami slow down. Memang kita harap begitu, tapi tidak drop. Kalau mereka drop karena enggak bisa men-deploy orang itu wajar, tapi kita tetap support semua itu tetap jalan," pungkasnya.
 
Untuk menarik minat investasi, pemerintah menawarkan sejumlah insentif baik dari sisi pajak, bea dan cukai, maupun fasilitas kemudahan lainnya. Dirinya berharap para duta besar Indonesia yang ada di luar negeri juga bisa ikut mempromosikan investasi di Indonesia.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif