Ilustrasi PLTU. Foto: dok. MI
Ilustrasi PLTU. Foto: dok. MI

Bantu Wujudkan Emisi Nol 2060, Pan Brothers Reduksi 2,1 Juta Kg Karbon Emisi per Tahun

Ekonomi Pan Brothers net zero emission Emisi Gas Rumah Kaca
Husen Miftahudin • 05 Desember 2021 21:00
Jakarta: PT Pan Brothers Tbk berkomitmen untuk menerapkan prinsip berkelanjutan dalam proses produksi perusahaan, sekaligus membantu pemerintah mencapai net zero emission atau emisi nol pada 2060.
 
Terkait hal tersebut, Pan Brothers menggandeng PT Xurya Daya Indonesia melakukan instalasi solar panel tahap pertama yang ditargetkan rampung pada kuartal IV-2021. Instalasi solar panel ini memiliki kapasitas sampai 2,554 kilowatt peak kWp di empat pabrik, yaitu dua pabrik di Boyolali, satu pabrik di Sragen, dan satu pabrik di Cikande.
 
"Dari instalasi solar panel ini diharapkan perseroan dan grup dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kilogram (kg) karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2,1 juta per tahunnya," ucap Vice CEO Pan Brothers & Grup Anne Patricia Sutanto dalam siaran persnya, Minggu, 5 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anne mengungkapkan, program ini nantinya akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua pada kuartal I-2022. Langkah reduksi karbon emisi dilakukan pada lima pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego, dan Sambi yang diperkirakan akan memberikan hasil sama seperti tahap pertama.
 
"Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera (anak usaha Pan Brothers) telah mengoperasikan solar panel fase satu pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp," urai dia.
 
Lebih lanjut dia menuturkan perseroan juga berkomitmen untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca (GRK) pada 2030 melalui beberapa proyek seperti instalasi solar panel, peningkatan sumber energi terbarukan (renewable energy), proyek Zero Waste Management, ekonomi sirkuler, dan teknologi yang hemat energi.
 
"Reduksi emisi GRK sangat penting untuk meminimalisasi dampak dari risiko perubahan iklim dan pemanasan global untuk keberlanjutan kehidupan. Pan Brothers dan Grup turut bertanggung jawab untuk menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan dan meminimalisasi dampak negatif pada ekosistem dan masyarakat global," tegas Anne.
 
Sementara itu, VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso mendukung dan mengapresiasi komitmen Pan Brothers untuk beralih ke energi terbarukan melalui instalasi PLTS Atap di seluruh fasilitasnya.
 
"Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak Pan Brothers untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia," pungkas George Hadi.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif