Ilustrasi. Foto: MI/Atet
Ilustrasi. Foto: MI/Atet

Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional

Ekonomi pasar Kementerian Perdagangan Pemulihan Ekonomi Nasional
Husen Miftahudin • 08 Desember 2021 22:22
Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyatakan salah satu strategi pemulihan nasional dilakukan dengan membangun dan merevitalisasi pasar rakyat. Pembangunan tidak hanya fisik tetapi juga nonfisik seperti pengelolaan pasar.
 
"Salah satu strategi Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional 2021 adalah penguatan pasar dalam negeri melalui revitalisasi pasar rakyat," ujar Jerry dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Jerry menjelaskan, konsep revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekadar pembenahan bangunan fisik. Tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasinya dengan sektor lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, revitalisasi fisik dan manajemen pasar rakyat berpedoman pada SNI Pasar rakyat yaitu SNI 8152:2021. SNI Pasar Rakyat saat ini merupakan hasil pembaruan dari edisi 2015 dengan penambahan persyaratan yang mengakomodasi situasi dan perkembangan zaman.
 
Persyaratan-persyaratan yang terdapat dalam SNI Pasar Rakyat tersebut terkait dengan digitalisasi dan aktivasi pasar, pengelolaan berkelanjutan, penerapan protokol kesehatan, dan perubahan lainnya.
 
"Pada 2015-2020, pemerintah telah membangun dan merevitalisasi 5.491 pasar rakyat dari total 16.175 pasar rakyat di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2021, terdapat 53 pasar rakyat yang telah memperoleh sertifikasi SNI Pasar Rakyat. Sebanyak 27 pasar di antaranya mendapatkan pendampingan dari Kemendag," tuturnya.
 
Adapun pengembangan pasar rakyat diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan. Peraturan Pemerintah tersebut menyatakan bahwa Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk membangun, memberdayakan, dan meningkatkan kualitas pengelolaan pasar rakyat.
 
Jerry berharap dengan diterapkannya SNI Pasar Rakyat dapat membuat manajemen pengelolaan pasar rakyat menjadi lebih profesional sehingga memberi kenyamanan bagi pengunjung pasar.
 
"Diharapkan hasil revitalisasi pasar dapat meningkatkan daya saing pasar rakyat sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional," pungkas Jerry.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif