Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Banyak Inovasi Baru, Ini Deretan Fitur yang Bakal Dihadirkan Gojek di 2021

Ekonomi gojek inovasi
Husen Miftahudin • 14 Januari 2021 20:18
Jakarta: Perusahaan teknologi dan transportasi Gojek mengumumkan sejumlah inovasi baru yang bakal dihadirkan perseroan di sepanjang 2021 ini. Sederet fitur-fitur anyar itu berbasis jaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan atau J3K untuk memudahkan pengguna beradaptasi selama pandemi.
 
"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi baru untuk mendukung produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi. Proses adaptasi terhadap situasi pandemi yang telah kami lakukan secara responsif dan komprehensif selama hampir satu tahun ini juga akan kami lanjutkan di tahun 2021," ucap Chief Transport Officer Gojek Group Raditya Wibowo dalam konferensi pers virtual, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Pada awal 2021, sebut Raditya, Gojek akan memperkenalkan inovasi terbaru berupa fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi dan fitur lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti kebutuhan bisnis atau yang lainnya. Ragam inovasi teknologi dalam bentuk fitur dan layanan baru tersebut diharapkan dapat mendukung masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inovasi pertama ialah GoCorp, layanan yang mendukung perjalanan bisnis. Melalui GoCorp, Gojek menghadirkan layanan untuk mendukung perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dengan biaya yang rasional bagi para pelaku korporasi.
 
Selanjutnya ada fitur GoGreener. Fitur ini merupakan kelanjutan dari komitmen Gojek dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Pada 2020 Gojek telah menjalankan beberapa inisiatif ramah lingkungan, seperti uji coba kendaraan listrik, carbon offset, serta uji emisi kendaraan bermotor.
 
Lalu, ada fitur GoTransit yang merupakan layanan untuk merencanakan perjalanan hingga mengambil keputusan secara sistematis mengenai moda transportasi yang akan dipilih pelanggan dalam aplikasi Gojek.
 
Menurut Raditya, GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.
 
"Dengan adanya fitur GoTransit ini akan dapat juga membantu pengguna memperkirakan berapa lama ia akan melakukan perjalanan di luar rumah sehingga dapat meminimalisasi kemungkinan terpapar covid-19," urainya.
 
Selain fitur-fitur tersebut, Gojek juga akan memperkuat inovasi J3K dan memperluas Zona NyAman J3K sebagai standar baru titik penjemputan transportasi online. Di 2021, Gojek berkomitmen untuk memperluas distribusi dan memantau ragam kebutuhan di lapangan demi menghadirkan solusi yang tepat guna bagi pengguna maupun mitra driver.
 
"Selain meningkatkan jumlah alat perlindungan driver dalam bentuk sekat pelindung dan J3K Shield (pelindung wajah tambahan untuk helm) di lapangan, Gojek juga akan memperbanyak titik Zona NyAman J3K yang tersebar di puluhan stasiun dan pusat perbelanjaan. Selain protokol pengukuran suhu tubuh, antrean berjarak, pembagian masker, hairnet, dan hand sanitizer, Zona NyAman J3K juga sudah dilengkapi dengan desinfeksi helm dan pegangan pintu mobil, serta tempat penitipan helm pribadi," paparnya.
 
Raditya mengakui pihaknya juga akan akan terus menghadirkan ragam fitur dan inovasi yang bertujuan untuk mendukung masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman.
 
"Beberapa di antaranya adalah fitur pembayaran parkir dan tol tanpa cash, fitur untuk menjadwalkan pesanan GoRide dan GoCar, fitur untuk melakukan perubahan titik jemput, fitur untuk menyimpan alamat, serta fitur layanan transportasi yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebiasaan tiap pengguna," pungkas Raditya. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif