Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.
Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.

Siap-siap, Ini Daerah Prioritas untuk Vaksin Covid-19

Ekonomi Airlangga Hartato vaksin covid-19 Satgas Covid-19
Eko Nordiansyah • 22 Oktober 2020 16:46
Jakarta: Ketua Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan ada sejumlah daerah yang akan diprioritaskan untuk mendapat vaksin covid-19. Daerah-daerah ini merupakan daerah yang masuk zona merah.
 
"Daerah-daerah merah itu yang penularannya terbesar Sumatra Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan tiga daerah khusus Aceh, Papua dan Papua Barat," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Sementara berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan covid-19 akan menjadi prioritas penerima vaksin. Selain itu, pemerintah juga akan memprioritaskan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi nanti akan disiapkan siapa saja yang akan mendapatkan, disediakan oleh pemerintah, disubsidi oleh pemerintah atau bahkan digratiskan. Itu tentu yang tercatat di BPJS Kesehatan yang usianya antara 15-59 tahun," jelas dia.
 
Airlangga menyebut saat ini pelaksanaan vaksinasi masih menunggu peta jalan (roadmap). Untuk keamanan vaksinnya saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tengah melakukan uji sertifikasi vaksin asal Sinovac yang akan didatangkan akhir tahun ini.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan penerapan protokol kesehatan tetap menjadi penting sambil menunggu vaksin siap didistribusikan. Masyarakat diminta tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.
 
"Sambil menunggu vaksin, menggunakan masker itu tetap perlindungan utama. Kemudian menjaga jarak, menjauhi kerumunan, karena ini penting pada saat nanti kegiatan sosial meningkat, kita tetap harus menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan sering mencuci tangan," pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif