Ilustrasi ruas tol JORR - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi ruas tol JORR - - Foto: MI/ Ramdani

Tarif Tol JORR Segera Naik, Ruas Mana Saja?

Ekonomi tarif tol jalan tol jasa marga
Suci Sedya Utami • 30 Oktober 2020 14:37
Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) segera memberlakukan kenaikan tarif untuk ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 Akses Tanjung Priok (ATP) dan Pondok Aren-Ulujami.
 
Sekretaris Perusahaan Jasa Marga M Agus Setiawan mengatakan rencana penyesuaian tersebut masih disosialisasikan bersama badan usaha jalan tol lainnya. Pertimbangan penyesuaian tarif ini dilakukan setiap dua tahun dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku. Adapun besaran kenaikan disesuaikan dengan laju inflasi.
 
"Belum ditetapkan tanggal pemberlakuannya," kata Agus padaMedcom.id,Jumat, 30 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ruas tol yang akan mengalami penyesuaian antara lain Penjaringan-Kebon Jeruk; Ulujami-Pondok Pinang; Taman Mini-Cikunir; Cakung-Rorotan; Kebon Jeruk-Ulujami; Pondok Pinang-Taman Mini; Cikunir-Cakung; ATR, Rorotan-Kebun Bawang; dan Pondok Aren-Ulujami.

 
Terakhir, penyesuaian tarif dilakukan pada 29 September 2018 ketika pertama kali integrasi tarif Toll JORR mulai berlaku. Pemberlakuan integrasi tarif Tol JORR ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 710/KPTS/M/2018 pada 14 September 2018.
 
Sistematika integrasi tarif saat itu berlaku pada Jalan Tol JORR Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami dengan total panjang jalan 76,8 km.
 
Adapun penerapan integrasi tarif Jalan Tol JORR ini mengubah tarif tol bagi pengguna. Pada kendaraan golongan I untuk jarak terdekat, misalnya tarif tol naik menjadi Rp15 ribu dari sebelumnya hanya Rp9.500. Sementara untuk jarak terjauh pada Jalan Tol JORR turun dari Rp34 ribu menjadi Rp15ribu.
 
Integrasi ini berpengaruh besar pada kendaraan logistik. Tarif jarak terjauh bagi golongan V sebelumnya mencapai Rp94.500. Saat ini tarif golongan V akhirnya disamakan dengan golongan IV atau turun menjadi hanya Rp30 ribu.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif