Ilustrasi Jakarta - - Foto: MI/ Atet Pramadia
Ilustrasi Jakarta - - Foto: MI/ Atet Pramadia

DKI Jakarta Inflasi 0,29% di April 2020

Ekonomi inflasi dki jakarta bank indonesia
Husen Miftahudin • 05 Mei 2020 12:44
Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DKI Jakarta mencatat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) April 2020 sebesar 0,29 persen month to month (mtm). Angka itu lebih rendah ketimbang posisi inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,33 persen (mtm).
 
"Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK April 2020 tercatat sebesar 1,14 persen (ytd) atau 3,10 persen (yoy), tetap mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional sebesar tiga persen plus minus satu persen," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 5 Mei 2020.
 
Menurut Hamid perlambatan inflasi tersebut berbeda dari pola Ramadan sebelumnya yang pada umumnya mengalami kenaikan inflasi. Kelompok transportasi yang biasanya memicu kenaikan inflasi pada masa puasa, selama April justru tercatat stabil atau mencatat inflasi nol persen (mtm).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara keseluruhan, inflasi April 2020 di Ibu Kota terutama didorong dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Kelompok ini mencatat inflasi sebesar 0,95 persen (mtm), yang disumbang terutama oleh komoditas bawang merah dan gula pasir, karena keterbatasan pasokan dari dalam negeri, terkait masih dalam masa musim tanam, dan keterbatasan pasokan dari luar negeri.
 
"Namun, laju inflasi dari kelompok ini tertahan oleh penurunan harga pada bawang bombay, cabai merah, dan daging ayam ras," urai dia.
 
Selain itu inflasi April juga didorong oleh inflasi yang terjadi pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya yang mencatat inflasi sebesar 0,46 persen (mtm). Penyumbang utama inflasi kelompok ini adalah emas perhiasan seiring dengan kenaikan harga emas di pasar global.
 
Adapun penyumbang ketiga terbesar inflasi April adalah kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran yang mencatat inflasi sebesar 0,23 persen (mtm), meskipun melambat dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,76 persen (mtm).
 
Tetap terjaganya inflasi Jakarta pada April 2020 didukung oleh koordinasi pengendalian inflasi yang solid. Konsistensi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga serta koordinasi antara BI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan pemerintah pusat melalui TPIP, TPID, dan forum-forum yang ada terus diperkuat untuk mendukung tetap terkendalinya inflasi Jakarta di tengah pandemi covid-19.
 
"Ke depan, sinergi pengendalian inflasi oleh berbagai pihak di Jakarta akan terus diperkuat sehingga mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional sebesar tiga persen plus minus satu persen," tutup Hamid.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif