Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Pentingnya Kesehatan Masyarakat Demi Geliat Perekonomian

Ekonomi kesehatan Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia covid-19 pandemi covid-19 Perekonomian Indonesia
Angga Bratadharma • 28 Januari 2022 14:34
Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 yang melanda dan sampai sekarang belum juga kunjung usai membuat keberadaan klinik dan dokter umum menjadi tulang punggung dan harapan bagi masyarakat dalam menangani masalah kesehatan di Tanah Air. Apalagi, persoalan krisis kesehatan itu berdampak terhadap aspek perekonomian.
 
Fasilitas klinik yang memadai tentunya menjadi tumpuan banyak orang untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik. Karena jika kesehatan mudah tercapai dan terjangkau maka masyarakat bisa beraktivitas kembali, baik menjalankan bisnis maupun melakukan daya beli guna mengakselerasi ekonomi.
 
Besarnya kebutuhan masyarakat akan hal tersebut menyadarkan akan pentingnya untuk memberdayakan klinik di Indonesia. Keberadaan dokter umum dan klinik dalam jumlah besar dengan fasilitas dan pelayanan yang mumpuni, lebih terjangkau dan murah, serta pelayanan kredibel diharapkan akan mengatasi berbagai masalah kesehatan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua HTA Kemenkes Budi Wiweko menyampaikan transformasi digital menjadi kemutlakan dalam pelayanan kesehatan saat ini. Pemerintah pun semakin serius mendorong seluruh pemangku kepentingan memperkuat digitalisasi kesehatan.
 
"Teknologi digital berperan penting dalam membantu dokter dan tenaga medis primer dengan mengumpulkan informasi, menggabungkan dan menganalisis informasi, serta menerapkan informasi untuk pengambilan keputusan dan perawatan klinis," kata Budi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Januari 2022.
 
CEO Klinik Pintar Haryo Bimo mengatakan sebagai dukungan pada usaha pemerintah dalam upaya digitalisasi industri kesehatan nasional, Klinik Pintar menyediakan platform digital yang terhubung mulai dari digitalisasi sampai dengan ekosistem terpadu.
 
"Yang bertujuan meningkatkan produktivitas mitra klinik melalui digitalisasi, peningkatan kualitas, dan menghubungkan klinik ke jaringan pendukung melalui ekosistem," tuturnya.
 
Sementara itu, Plt Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Edi Prio Pambudi mengatakan bidang kesehatan berperan penting dalam memulihkan perekonomian. Karena itu upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 menjadi sangat penting.
 
"Penurunan kesehatan akan memengaruhi produktivitas dalam perekonomian khususnya dalam Pendapatan Domestik Bruto (PDB)," kata Edi.

 
Edi menyampaikan di Indonesia setidaknya ada sejumlah penyakit yang menyebabkan tingkat kematian yang tinggi, seperti stroke, Ischaemic Heart Disease, diabetes, TBC, cirrhosis, dan lainnya. Penyakit-penyakit tersebut masih menjadi hambatan dalam produktivitas.
 
"Apalagi adanya pandemi covid-19, tentunya mereka yang memiliki penyakit-penyakit tersebut di atas akan makin berkurang produktivitasnya. Ini adalah pekerjaan rumah kita bersama bagaimana menciptakan kesehatan global," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif