Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : Humas Pemprov Jateng.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : Humas Pemprov Jateng.

Tak Terkendala Tes PCR, Ganjar Pastikan Bandara JBS Purbalingga Tetap Beroperasi

Ekonomi pesawat hilang kontak covid-19 Ganjar Pranowo PPKM PCR Syarat Perjalanan Udara
Antara • 25 Oktober 2021 22:44
Semarang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Kabupaten Purbalingga, tetap beroperasi, meskipun ada kendala terkait dengan penerapan aturan tes PCR bagi penumpang pesawat.
 
"(Operasional Bandara JBS) gak berhenti, tadi saya sudah klarifikasi ke bupatinya. Problemnya ada di PCR, terus kemudian dia (pihak maskapai) melakukan semacam reschedule lagi. Saya tanya Bu Bupati 'gak Pak itu hoaks, kita masih jalan' jadi tidak benar," ujar dia dikutip dari Antara, Senin, 25 Oktober 2021.
 
Ganjar menjelaskan jika penerbangan di Bandara JBS saat ini belum dibuka secara reguler mengikuti aturan PPKM Level di masa pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pihaknya juga belum membebaskan aktivitas ekonomi saat pandemi covid-19, termasuk transportasi. Gubernur menegaskan yang terjadi saat ini di Bandara JBS adalah penerapan aturan syarat penerbangan yang mengharuskan penumpang pesawat melakukan tes PCR.
 
Namun, lanjutnya, pihak maskapai penerbangan mengatakan jika penumpang pesawat cukup dengan melakukan swab antigen saja sebab di dalam kabin pesawat telah menggunakan hepa filter.
 
"'Problemnya hanya itu saja, bukan berhenti dan memang dari segi jadwal belum (dibuka)," ujarnya.
 
Ganjar mengungkapkan saat dirinya sedang mengklarifikasi perihal ini, justru Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menawarkan agar pariwisata bisa dibuka sehingga otomatis akan menambah jadwal penerbangan.
 
"Bupati tadi saya kontak sudah siap, kalau diizinkan pariwisata saya buka penerbangannya masuk, hayo boleh apa gak? Aku dadi gubernur yo 'ngko sik', jangan, hati-hati kita harus menjaga itu," katanya.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif