Ilustrasi ketersediaan infrastruktur gas - - Foto: dok Pertamina
Ilustrasi ketersediaan infrastruktur gas - - Foto: dok Pertamina

PGN Tuntaskan Infrastruktur Gas PLTMG Sorong

Ekonomi gas infrastruktur Perusahaan Gas Negara (PGN)
Suci Sedya Utami • 25 Desember 2020 13:51
Sorong: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui anak usahanya PT Perta Daya Gas (PDG) telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur gas dalam proyek gasifikasi untuk pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Dorong dengan kapasitas 50 megawatt (MW).

Proyek ini diselesaikan dalam rangka mendukung serta mengimplementasikan Keputusan Menteri ESDM NoMOR 13 Tahun 2020 dalam pemanfaatan gas bumi sebagai pengganti High Speed Diesel (HSD) di 52 Pembangkit yang tersebar di seluruh Indonesia.  
 
PDG mendapatkan penugasan dari PGN menyelesaikan konstruksi infrastruktur pipa gas sepanjang 3,7 KM dari lokasi Metering and Regulating Station (MRS) milik PT Malamoi Olom Wobok (MOW) di area KEK Sorong hingga ke titik tie-in PLTMG Sorong.
 
Penyelesaian konstruksi pipa mampu diselesaikan lebih cepat yakni dalam enam minggu dari total durasi kontrak selama 13 minggu. Infrastruktur gas ini nantinya akan memenuhi kebutuhan gas di PLTMG Sorong dengan estimasi demand gas sebesar kurang lebih 3,2 billion british thermal unit per day (BBTUD) ramp up ke 8 BBTUD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dengan diselesaikannya pembangunan infrastruktur gas PLTMG Sorong 50 MW, bukan hanya sebagai manifestasi implementasi terhadap Kepmen 13, namun juga kebermanfaatan gas bumi dalam menyalurkan energi bersih dan meng-energize Kabupaten dan Kota Sorong, mengurangi penggunaan BBM hingga mengurangi subsidi Pemerintah, serta sebagai perwujudan sinergi BUMN-BUMD dalam rangka penyediaan infrastruktur gas untuk pembangkit listrik,” ujar Direktur Utama PGN Suko Hartono dalam keterangan resmi, Jumat, 25 Desember 2020.
 
Suko berharap bahwa utilisasi gas bumi untuk pembangkit listrik di PLTMG Sorong dapat mendukung PLN dan pemerintah dalam rangka pemerataan energi melalui penyediaan energi listrik yang efisien bagi masyarakat Sorong. Selanjutnya, dapat mempermudah akses energi untuk mendorong kemajuan ekonomi di wilayah tersebut.

 
Bupati Sorong Johny Kamuru menyambut gembira atas penyelesaian proyek ini. Diharapkan dapat membawa manfaat serta membantu memakmurkan masyarakat Papua, khususnya Sorong.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif