Menteri Koordinator  bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Bertandang ke AS, Luhut Bawa Pulang Oleh-oleh Vaksin Pfizer

Ekonomi indonesia-as Luhut Pandjaitan vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 24 November 2020 13:11
Jakarta: Kepulangan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dari Amerika Serikat (AS) tak sekadar tangan kosong. Luhut berhasil meraih kerja sama ekonomi dan investasi senilai Rp10,5 triliun serta membawa oleh-oleh vaksin Pfizer.
 
Perjanjian kerja sama pengadaan vaksin ini diperoleh setelah Luhut bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pence.
 
"Kemudian dengan Wakil Presiden Mike Pence, saya berbicara hampir 15 menit. Kami bicara menyangkut masalah vaksin dan Amerika bersedia membantu vaksin," kata Luhut dalam acara CEO Networking 2020, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut mengungkapkan pihaknya bersama Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin, BPOM, dan Secretary of Health AS kembali melakukan video call untuk menindaklanjuti bantuan vaksin tersebut. Nantinya perusahaan asal AS yang memproduksi vaksin Pfizer akan bekerja sama dengan Bio Farma.
 
"Tadi malam kami sudah follow up dengan video call dengan Secretary of Health dan Wakil Menteri Budi Gunadi Sadikin, dan BPOM, Pfizer untuk membuat bekerja sama dengan Bio Farma kita," ujar Luhut.
 
Cerita Luhut di Gedung Putih
 
Dalam akun instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, ia mengaku tak pernah membayangkan bisa berada di Kantor Presiden Amerika Serikat dan bertemu langsung dengan sejumlah pejabat negara di Gedung Putih itu.

 
"Saya tidak pernah membayangkan bahwa akan ada waktu suatu hari saya hampir selama enam jam berada di White House, dan bahkan berkesempatan untuk diterima di Oval Office. Untuk mengisi waktu saya selagi menjalani karantina mandiri selama beberapa waktu ke depan, saya ingin berbagi sedikit cerita terkait kunjungan saya tersebut," kata Luhut.
 
Dalam pertemuan dengan Donald Trump, Luhut juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Presiden Joko Widodo karena telah memperpanjang fasilitas GSP ke Indonesia.
 
"Didampingi oleh Dubes Muhammad Lutfi, saya sampaikan apresiasi Presiden @jokowi terhadap Presiden @realdonaldtrump yang telah memperpanjang GSP kepada kita sehingga Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang mendapat peluang emas ini," ungkap Luhut.  

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif