Kebijakan pemerintah agar geliat perekonomian tetap berjalan seperti memberikan subsidi tarif listrik dan restruturisasi kredit menjadi topik yang paling dicari pembaca pada pekan ini. Foto: Antara/Wahyu Putro
Kebijakan pemerintah agar geliat perekonomian tetap berjalan seperti memberikan subsidi tarif listrik dan restruturisasi kredit menjadi topik yang paling dicari pembaca pada pekan ini. Foto: Antara/Wahyu Putro

Stimulus Ekonomi dari Pemerintah Lawan Korona Jadi Terpopuler Pekan Ini

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 05 April 2020 14:14
Jakarta: Berita seputar dampak virus korona terhadap perekonomian masih menjadi yang terpopuler pekan ini. Kebijakan pemerintah agar geliat perekonomian tetap berjalan seperti memberikan subsidi tarif listrik dan restruturisasi kredit menjadi topik yang paling dicari pembaca.
 
Medcom.id merangkum lima berita terpopuler pekan ini sebagai referensi pembaca yang tertarik pada isu ekonomi.
 
1. ASN Kerja di Rumah, Pemerintah Jamin Pelayanan Publik Tetap Berjalan
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah menjamin pelayanan publik tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun ada kebijakan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Kebijakan ini diharapkan tidak menurunkan kualitas dari pelayanan publik pemerintah kepada masyarakat.
 
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan kebijakan WFH diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19) di instansi pemerintah. Untuk itu, para ASN diharapkan tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.
 
Baca berita lengkapnya di sini.
 
2. PLN Siap Beri Diskon dan Penggratisan Tarif Listrik
 
PT PLN (Persero) menyatakan siap untuk menjalankan kebijakan pemerintah yang akan membebaskan dan memberikan diskon tarif listrik pada para pelanggan terdampak wabah korona atau covid-19.
 
Pembebasan biaya listrik diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni pada 24 juta pelanggan golongan 450 volt ampere (VA). Artinya pemerintah akan menanggung tagihan listrik untuk golongan tersebut.
 
Baca berita lengkapnya di sini.
 
3. Cara Meraih Keringanan Listrik bagi Pelanggan Pra dan Pascabayar
 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengatur mekanisme keringanan tarif listrik selama tiga bulan (April-Juni) bagi dua golongan pelanggan rumah tangga yang terdampak pandemi covid-19 di tanah air.
 
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana menjelaskan masing-masing golongan yakni 450 volt amphere (VA) dan 900 VA subsidi terbagi dalam dua jenis pelanggan yakni reguler atau pascabayar yang pembayarannya dilakukan pada bulan selanjutnya serta pelanggan prabayar atau pengguna token listrik.
 
Baca berita lengkapnya di sini.
 
4. 60 Bank yang Beri Keringanan Kredit Akibat Korona
 
Sejumlah bank umum dan bank syariah mulai memberikan restrukturisasi atau keringanan pinjaman kredit bagi debitur yang terkena dampak ekonominya akibat merebaknya virus korona (covid-19) di Indonesia.
 
Langkah beberapa bank umum tersebut mengadopsi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional yang telah dirilis pekan lalu.
 
Baca berita lengkapnya di sini.
 
5. Cara Mudah Klaim Pengembalian Uang Pembelian Tiket Kereta Api
 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang kebijakan pengembalian 100 persen untuk pembatalan tiket kereta api. Pembatalan bisa dilakukan hingga keberangkatan 4 Juni 2020 atau H+10 Lebaran, yang sebelumnya hanya sampai 29 Mei 2020.
 
Calon penumpang yang ingin mengembalikan uang bisa mengunjungi beberapa loket stasiun yang melayani pembatalan. Namun, jika calon penumpang ragu lantaran adanya imbauan untuk tidak keluar rumah dan takut akan tempat keramaian di tengah wabah virus korona (covid-19) bisa melalui aplikasi KAI Access.
 
Baca berita lengkapnya di sini.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif