Kepala BKPM Bahlil Lahadalia - - Foto : Medcom
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia - - Foto : Medcom

Pemerintah Fokus Tarik Investasi di 5 Sektor

Ekonomi BKPM Investasi Asing
Eko Nordiansyah • 04 Agustus 2020 12:14
Jakarta: Pemerintah tengah fokus menarik investasi di sejumlah sektor prioritas. Kelima sektor tersebut diharapkan menjadi incaran investor lantaran memiliki nilai tambah.
 
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan sektor pertama yang menjadi fokus pemerintah yakni alat kesehatan (alkes). Sebab, selama ini sektor kesehatan masih bergantung pada bahan baku impor.
 
"Alkes, yang selama ini 90 persen impor termasuk bahan bakunya. Kalau tidak covid, kita tidak tahu ini barang. Ternyata kita tergantung betul sama luar negeri," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 4 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, sektor energi, pertambangan, manufaktur, dan infrastruktur. Menurut Bahlil sektor-sektor ini tidak hanya berorientasi ekspor tetapi juga bisa menyerap banyak tenaga kerja lokal.
 
"Karena investasi sekarang ini kita betul-betul butuh teknologi dan orientasi ekspor, tapi di saat bersamaan kita butuh industri yang mampu menyerap banyak pekerja," ungkapnya.
 
Meski begitu, BKPM tetap membuka peluang investasi untuk sektor lainnya, termasuk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Apalagi investasi dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi 17 juta orang yang membutuhkan pekerjaan.
 
"Jadi kalau dulu kita masih pilih-pilih, sekarang dengan covid ini yang penting investasi masuk, lapangan pekerjaannya bisa tercipta. Rumusnya 17 juta itu harus betul-betul dapat," pungkas dia.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif