Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya

UMKM Bakal Jadi Vendor Proyek BUMN

Ekonomi BUMN UMKM
Husen Miftahudin • 28 Juli 2020 15:52
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka ruang kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjadi vendor atau supplier proyek-proyek BUMN. Melalui program Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM), pengadaan BUMN sebesar Rp18,5 triliun atau proyek di bawah Rp14 miliar akan diserahkan ke UMKM.
 
"Kita mempunyai program PaDi UMKM, sekitar Rp18,5 triliun baik capex (capital expenditure) maupun opex (operating expenditure) sebesar Rp14 miliar, ini akan diberikan kepada para pelaku usaha sektor UMKM," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam acara Kajian Tengah Tahun Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Selasa, 28 Juli 2020.
 
Program PaDi UMKM akan dirilis pada Agustus 2020. Dalam platform ini nantinya para UMKM yang telah tersertifikasi dan masuk dalam katalog Kementerian Koperasi dan UKM bisa menjadi supplier berbagai proyek BUMN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, proyek untuk penyediaan produk-produk seperti katering, seragam, hingga berbagai produk-produk pendukung manufaktur. "Diharapkan ini bisa menjadi katalis demand baru," urai Tiko, sapaan akrabnya.
 
PaDi UMKM merupakan platform digital yang mempertemukan BUMN dengan UMKM. Meliputi gathering info penjual (seller) UMKM dan penyedia (enabler) e-commerce dengan mengintegrasikan marketplace dan B2B store.
 
Lalu, menerima data hasil e-procurement BUMN. Memudahkan melakukan monitoring kontribusi BUMN belanja ke UMKM, dan monitoring penyaluran fasilitas pembiayaan atau permodalan kepada UMKM.
 
Tiko mengakui, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan nantinya juga turut serta dalam pengembangan UMKM melalui platform PaDi UMKM ini.
 
"Karena kita mempunya perusahaan-perusahaan pembiayaan, kita juga menyediakan pembiayaan UMKM-nya melalui platform digital PaDi ini," tutup Tiko.

 

(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif