NEWSTICKER
Ilustrasi - - Foto: dok Setkab
Ilustrasi - - Foto: dok Setkab

Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja Pekan Ini

Ekonomi Kartu Prakerja
Eko Nordiansyah • 17 Maret 2020 19:01
Jakarta: Pemerintah berencana mempercepat pelaksanaan kartu prakerja. Presiden Joko Widodo bahkan meminta implementasi kartu prakerja dimajukan kembali menjadi minggu ini.
 
"Jadi mudah-mudahan Jumat sudah akan dilaksanakan implementasi soft launching," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Meski begitu, ia mengakui payung hukum untuk pelaksanaan kartu prakerja belum lengkap. Pasalnya, pemerintah baru mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Susi menambahkan belum ada aturan mengenai project management officer (PMO) yang akan mengelola kartu prakerja. Saat ini payung hukum soal PMO tengah difinalisasi oleh Presiden Jokowi sehingga bisa mendorong percepatan kartu prakerja.
 
"Hari ini diproses, PMO disiapkan siapa saja. Saya kira Presiden sudah berikan arahan ke Pak Menko dan kami dorong supaya kartu prakerja soft launching di akhir minggu," jelas dia.
 
Kartu ini akan didesain melalui implementasi akses 1,5 juta kartu digital dan 500 ribu kartu reguler sehingga total ada dua juta peserta.
Kartu prakerja diberikan pada para penggangguran yang sedang mencari pekerjaan maupun korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Setiap peserta akan memperoleh insentif Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per orang hingga mencapai Rp1,5 juta per jiwa. Dari jumlah itu, pemerintah menganggarkan Rp10 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif