Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.

Lapor Presiden, Erick Thohir Ingin 10-15 BUMN Go Public

Ekonomi Jokowi BUMN ipo Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 30 April 2021 06:31
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah melaporkan pada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya ingin melakukan Initial Public Offering (IPO) terhadap 15 BUMN.
 
Erick mengatakan pelepasan saham BUMN ke publik dan menjadikan BUMN sebagai perusahaan terbuka menjadi salah satu terobosan untuk mendorong transformasi tata kelola perusahaan pelat merah menjadi lebih baik atau good corporate governance (GCG). Selain itu agar BUMN memiliki taji untuk bersaing secara global.
 
"Sesuai presentasi yang diberikan ke Presiden, kita ingin go public-an 10-15 BUMN supaya fight di kompetisi terbuka," kata Erick dalam Rakornas Pusat, Kamis, 29 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, kata Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini, dengan hadirnya era digitalisasi membuat kompetisi secara terbuka tidak bisa lagi dibendung.
 
Menurut Erick, perusahaan yang akan melantai di bursa ini ialah perusahaan-perusahaan sehat serta menjanjikan dari segi bisnis. Termasuk yang memiliki strategi jangka panjang dalam pengembangan mobil listrik atau EV battery serta teknologi digital.
 
Sementara itu PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyambut baik rencana perusahaan BUMN untuk go public. Sebab, baru ada 15 BUMN dan 21 anak perusahaan BUMN yang tercatat di pasar modal.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif