Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani - - Foto: Medcom/ Husen Mitahudin
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani - - Foto: Medcom/ Husen Mitahudin

Tips Memulai Usaha ala Ketua Kadin

Ekonomi Wirausaha Kadin generasi milenial
Antara • 28 Oktober 2020 15:39
Jakarta: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani membagikan tips bagi generasi milenial dalam melihat peluang dan siklus tren bisnis, khususnya di masa pandemi.
 
"Memang di setiap bisnis itu pasti ada siklusnya, mulai dari awal, puncak hingga turunnya pasti ada masa siklusnya. Bagaimana kita bisa melihat masa siklus ini," kata Rosan dikutip dari Antara, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Rosan menyarankan bagi pemula hendaknya berhati-hati ketika hampir semua orang mencoba peluang bisnis yang sama. Sebab, ketika siklus sudah mencapai puncak atau titik jenuh dipastikan akan terjadi penurunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, pelaku usaha mesti melihat apakah tren saat ini baru berada di fase awal, mulai mencapai puncak atau sudah memasuki fase siklus penurunan.
 
"Jadi tidak serta merta kalau lagi tren semua orang masuk ke bisnis tersebut. Mesti pintar-pintar dalam melihat tren," terang dia.

 
Rosan sendiri memilih untuk terjun ke bisnis yang tidak tren atau digandrungi banyak orang dan sedikit berisiko. Namun, peluang bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus di masa mendatang.
 
"Yang paling penting kita sebagai seorang pengusaha harus berani melangkah, mengambil risiko. Kalau pengusaha tidak berani melangkah lebih baik jangan menjadi pengusaha. Pengusaha itu memang harus berani mengambil risiko," terang dia.
 
Ia menambahkan saat menjalani bisnis, pelaku usaha harus menikmati proses dan tidak berputus asa. Tak selamanya bisnis tersebut langsung meraih untung, tetapi akan lebih sering menemui kendala dan kegagalan.
 
"Yang penting enjoy, niatnya baik, dan jangan mudah menyerah. Kalau mudah menyerah lebih baik tidak perlu menjadi pengusaha, karena pastinya kita semua menghadapi keberhasilan dan kegagalan, semuanya mulai dari pelaku usaha kecil sampai dengan besar pasti mengalami hal tersebut," pungkas Rosan.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif