Ilustrasi pemanfaatan teknologi dalam penyaluran bansos - - Foto: Grafis Medcom
Ilustrasi pemanfaatan teknologi dalam penyaluran bansos - - Foto: Grafis Medcom

Pemerintah Manfaatkan Teknologi Biometrik untuk Salurkan Bantuan dan Subsidi

Ekonomi teknologi bansos Bantuan Langsung Tunai
Eko Nordiansyah • 20 Oktober 2020 13:55
Jakarta: Pemerintah terus mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai kepentingan yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya penyaluran subsidi dan bantuan sosial (bansos) dengan menggunakan teknologi biometrik.
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mencontohkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dipimpinnya secara serius melakukan berbagai kajian termasuk uji coba pemanfaatan teknologi biometrik untuk penyaluran bantuan dan subsidi pemerintah.
 
"Hasil kajian dan uji coba yang secara luas telah dilakukan sejak 2018 tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan," katanya dalamPeluncuran Program Digitalisasi Pemasaran dan manajemen Produk Halal Bagi UMKMdi Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan memanfaatkan teknologi biometrik yang telah diujicobakan tersebut, ia menambahkan digitalisasi penyaluran bantuan tak lagi memerlukan kepemilikan smartphone di tingkat masyarakat. Teknologi itu cukup berada di tingkat merchant atau agen/toko.
 
"Selain itu pemerintah dapat menghemat biaya penyediaan infrastruktur transaksi yang sangat mahal seperti pencetakkan kartu debit maupun mesin Electronic Data Capture (EDC)," jelas dia.
 
Untuk itu, Ma'ruf meminta pemanfaatan teknologi biometrik tersebut dapat segera diadopsi agar penyaluran bantuan dan subsidi pemerintah dapat berlangsung dengan baik.
 
"Saya harapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dapat menindaklanjuti pemanfaatan teknologi biometrik ini untuk penyaluran bantuan dan subsidi pemerintah," pungkasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif