Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Jangan Jago Kandang, Mendag Dorong Pengusaha Jadi Jagoan Dunia

Ekonomi Wirausaha Dunia Usaha hipmi M.Lutfi
Husen Miftahudin • 05 Maret 2021 19:18
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong para pelaku usaha untuk berkiprah di level dunia, bukan hanya jago kandang. Terkait hal ini, Lutfi berjanji untuk menyusun aturan-aturan yang adil bagi setiap pengusaha, termasuk juga bagi masyarakat sebagai konsumen.
 
"Saya bertanggung jawab sebagai Menteri Perdagangan, saya selalu bilang bahwa Mendag itu seperti wasit tinju, memastikan penjual dan pembeli bisa berinteraksi dengan baik," ujar Lutfi dalam acara Rakernas Hipmi XVII dengan tema Berinovasi Bangkitkan Ekonomi, Jumat, 5 Maret 2021.
 
Lutfi lantas menganalogikan aturan perdagangan dalam ring tinju, dengan Mendag sebagai wasit. Sebagai pemegang otoritas, Lutfi bisa saja membuat aturan pertandingan menjadi keras. Tapi jika demikian, yang terjadi justru pertandingan tidak akan menarik untuk dinikmati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Diangkat Jadi Mendag, M Lutfi: Ibarat Wasit Tinju
 
Sama halnya dengan perdagangan. Jika Lutfi mengeluarkan aturan perdagangan dengan keras, selalu membatasi (restricted), maka tidak akan terjadi transaksi antara penjual dan pembeli.
 
"Kalau saya rule-nya terlalu keras, maka tidak jalan penjual dan pembeli. Tetapi pada saat bersamaan, kalau saya diamkan pertarungan penjual pembeli itu, pertandingan akan menjadi liar," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, Lutfi harus merancang aturan perdagangan dengan adil. Tidak keras dan tidak dibiarkan agar mekanisme perdagangan berjalan dengan baik. Dengan begitu, maka transaksi perdagangan akan terjaga.
 
"Maka itu saya akan memberikan sesuatu peraturan yang baik agar bapak ibu bisa tumbuh menjadi pelaku-pelaku ekonomi, akan menjadi pemain bukan hanya jagoan di kandang, tapi juga menjadi jagoan regional dan bahkan mendunia," harap Lutfi.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif