Ilustrasi - - Foto: Antara/ Widodo S Jusuf
Ilustrasi - - Foto: Antara/ Widodo S Jusuf

Tumpang Tindih Perizinan Bikin AS Enggan Investasi di Indonesia

Ekonomi indonesia-as perizinan Investasi Asing
Husen Miftahudin • 05 Agustus 2020 19:28
Jakarta: Tumpang tindih regulasi investasi membuat Amerika Serikat (AS) kesulitan untuk menanamkan modalnya di Tanah Air. Investor dari negara Adidaya tersebut lebih memilih merelokasi investasinya ke negara lain.
 
Mantan Penasihat Umum Lembaga Pengembangan Internasional Amerika Serikat (AS) John Gardner mengatakan selama ini regulasi investasi di Indonesia belum mendukung bagi masuknya perusahaan AS.
 
"Regulasi di Indonesia tidak mendukung perusahaan-perusahaan AS untuk berinvestasi di Indonesia," kata Gardner dalam sebuah webinar, Rabu, 5 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan regulasi investasi di tingkat daerah juga kurang bersahabat dengan investor asing. Karena itu, ia mendukung kebijakan pemerintah untuk memangkas berbagai regulasi investasi melalui Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja.
 
"RUUOmnibus Lawmemangkas sekitar 1.200 pasal, ini penting untuk terus mendorong reformasi lebih lanjut," tambah dia.
 
Di sisi lain, peringkat kemudahan berusaha atauease of doing business(EODB) Indonesia masih jauh di bawah Malaysia dan Vietnam. Padahal peringkat tersebut cukup penting dalam menggaet minat investor luar negeri.
 
"Menaikkan peringkat Indonesia secara global dalam EODB akan menjadi sinyal kuat bagi investor asing. Dan saya sarankan Indonesia harus bergerak sangat agresif dalam hal ini," tukas dia.

 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif