Seluruh BUMN harus rilis protokol the new normal pada 25 Mei. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Seluruh BUMN harus rilis protokol the new normal pada 25 Mei. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu

25 Mei, Seluruh BUMN Harus Rilis Protokol The New Normal

Ekonomi bumn kementerian bumn New Normal
Suci Sedya Utami • 18 Mei 2020 13:00
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklarifikasi pemahaman mengenai instruksi the new normal yang mulai dijalankan pada 25 Mei 2020.
 
Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan 25 Mei bukanlah tanggal bagi perusahaan-perusahaan BUMN untuk kembali menjalankan usaha seperti sedia kala dan karyawan yang berusia di bawah 45 tahun untuk masuk kantor.
 
Namun, kata Alex, di tanggal tersebut perusahaan pelat merah harus sudah menyiapkan protokol mengenai the new normal seperti arahan Menteri BUMN Erick Thohir melalui surat nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bukan menyatakan 25 Mei itu kita masuk dan membolehkan bekerja usia di bawah 45 tahun (berlaku), tapi tanggal 25 Mei itu pedoman umum dan protokolnya harus dirilis. Jadi ini fase BUMN menyiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario the new normal," kata Alex dalam virtual conference, Senin, 18 Mei 2020.
 
Alex menjelaskan Kementerian BUMN ingin agar para perusahaan pelat merah tidak hanya pasif menunggu adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang saat ini masih dikaji pemerintah. BUMN dituntut juga aktif melalui penyiapan protokol terutama terkait interaksi dengan para pelanggan serta stakeholder lainnya.
 
"Inilai sebenarnya esensi dari surat itu. Surat ini bukan instruksi untuk masuk tetapi untuk menyiapkan protokol agar BUMN siap menghadapi atau bahkan lebih jauh mendorong mempengaruhi masyarakat agar masyarakat lebih disiplin terhadap protokol-protokol sehingga kita lebih cepat masuk ke new normal," jelas Alex.
 
Diberitakan sebelumnya, mengutip surat edaran, Minggu, 17 Mei 2020 per 25 Mei 2020 seluruh perusahaan BUMN harus mengikuti dan menjalankan tahapan New Normal.
 
Seluruh pegawai BUMN harus masuk dan mengikuti protokol perlindungan seperti social distancing dan penggunaan masker serta menjaga kebersihan.
 
Untuk karyawan yang berumur kurang dari 45 tahun diwajibkan untuk masuk. Sementara untuk karyawan yang berumur lebih dari 45 tahun diterapkan kebijakan kerja dari rumah (work from home). Perusahaan juga diminta selalu memantau kondisi karyawan dan menangani karyawan yang terdampak.
 
Adapun untuk sektor industri dan jasa, berdasarkan surat tersebut juga kembali dibuka per 25 Mei 2020. Namun operasional sektor tersebut masih terbatas, seperti membuka cabang secara terbatas dengan pengaturan jam masuk, batasan kapasitas pembukaan pabrik, pengolahan, pembangkit, dan hotel dengan sistem shifting dan pembatasan jumlah karyawan yang masuk
 
Sementara untuk mal belum boleh buka dan orang masih dilarang berkumpul. Sedangkan untuk sektor kesehatan diberlakukan operasional penuh sesuai kapasitas dan sistem kesehatan.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif